Sumur di Tengah Sungai Bikin Heboh Publik
Foto:Youtube

Sumur di Tengah Sungai Bikin Heboh Publik

Rabu, 4 Apr 2018 | 14:05 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Baru-baru ini publik dihebohkan dengan sebuah lubang yang mirip sumur di tengah sungai di Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo.  Dikutip dari berbagai sumber yang ada, diameter 'sumur' sekitar 4 meter. Kedalamannya 5 meter. 

Sumur ini mulai fenomena setelah beredar di media sosial beberapa hari yang lalu, bahkan saat ini sungai tersebut menjadi ramai karena didatangi banyak orang.  Sejumlah pengunjung mengabadikan lokasi sumur. Ada yang mengambil foto, ada juga video. 

Sumur tersebut diperkirakan lubang tersebut merupakan spillway atau lubang untuk mengalirkan air yang berlimpah. Biasanya dipakai di waduk atau bendungan. Menurut perangkat desa setempat, lubang itu sudah ada sejak era kolonial. 

Pada jaman kolonial Belanda yang menjajah Indonesia kalanitu, banyak membangun saluran irigasi. Di Probolinggo pembangunan irigasi dilakukan secara besar-besaran pada tahun 1800-an. Seperti Dam 8 (Wolu) di daerah aliran sungai (DAS) yang dilanjutkan ke sejumlah wilayah yang tercover.

Selain Sipon di Sumber Bulu, ada beberapa sipon lain diantaranya di Kelurahan Sidomukti, Kraksaan dan Desa Sumber Katimoho, Kecamatan Krejengan.

Sumber:Youtube

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...