Sunat Dewasa Kenapa Tidak?

Sunat Dewasa Kenapa Tidak?

 

WinNetNews.com - Sunat dewasa kenapa tidak? Manfaat kesehatan dari melakukan sunat sudah banyak dibuktikan penelitian. Selain mampu mencegah penularan HIV/AIDS dan penyakit infeksi menular seksual lainnya, melakukan sunat pada orang dewasa disebutkan mampu meningkatkan kepuasan seks.

Sebuah penelitian di Turki tahun 2004 menyebutkan, fungsi seksual sebelum dan sesudah sunat pada orang dewasa tidak berubah. Bahkan, angka disfungsi seksual pada pria yang disunat lebih rendah sedikit dibanding mereka yang tidak disunat, terutama pada pria yang berusia di atas 50 tahun. Meski begitu, khitan bukan terapi untuk disfungsi ereksi.

Baca juga: Apa Manfaat Kesehatan Dari Orgasme?

Selain dalam kepuasan seksual, sunat juga terbukti mampu menurunkan risiko infeksi menular seksual dan HIV/AIDS. Wanita yang memiliki pasangan yang sudah disunat juga lebih rendah risikonya terkena kanker serviks dan keputihan.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebutkan, salah satu manfaat tindakan sunat adalah bisa menurunkan risiko penularan HIV pada pria dan penularan infeksi menular seksual. Sayangnya, banyak pria dewasa yang malu melakukannya.

Baca juga: Apa Manfaat Ejakulasi Bagi Pria?

Walau demikian, pasien sunat dewasa disarankan untuk tidak berhubungan seksual sampai dengan 3 minggu setelah tindakan sunat. Hal ini agar luka jahitan benar-benar sembuh. Maka memang sebaiknya sunat ketika masih anak-anak, sebab belum mengalami ereksi atau harus melakukan hubungan seksual dengan pasangan.