Sungai Bogowonto Meluap, Purworejo Dikepung Banjir

Rusmanto
Rusmanto

Sungai Bogowonto Meluap, Purworejo Dikepung Banjir istimewa

WinNetNews.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dalam beberapa hari terakhir ini menyebabkan aliran sungai Bogowonto meluap. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun akibatnya puluhan rumah warga di 4 desa terendam banjir.

Banjir merendam pemukiman warga sejak dini hari tadi hingga pagi ini. Puluhan rumah warga di Desa Gedangan, Jatikontal, Karanganyar dan Jatimalang Kecamatan Purwodadi terendam luapan air sungai Bogowonto.

"Air masuk rumah warga sejak dini hari tadi dan pagi ini masih terendam, sementara baru menggenangi 4 desa dan kami masih pantau terus perkembangannya di lapangan, semoga tidak meluas dan cepat surut," kata Danramil Purwodadi, Kapten (Inf) Abdul Haris, Sabtu (10/11/2018) pagi.

Ketinggian air yang menggenang rata-rata 30 cm hingga setinggi lutut orang dewasa. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Rata-rata ketinggian air 30 cm, namun di beberapa titik air justru mulai naik," lanjutnya.

Demi menjaga keselamatan bersama, warga diimbau untuk mengungsi di rumah saudara yang tidak terkena banjir dan menyelamatkan barang-barang penting. Hingga kini petugas masih terus melakukan pantauan di lapangan dan membantu warga untuk mengevakuasi hewan ternak ke tempat yang lebih aman.

"Kami imbau kepada warga, anak-anak, orang tua, sementara dititipkan ke saudara atau tetangganya yang tidak kena banjir serta mengamankan barang-barang penting lainnya dan selalu siaga. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tindakan preventif lebih diutamakan," pungkasnya.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "4 Desa di Purworejo Terkepung Banjir"

Apa Reaksi Kamu?