Sungguh Tak Laku, Film ‘Cats’ Rugi Bandar Hingga Rp1 Triliun
Film 'Cats' (foto: IndieWire)

Sungguh Tak Laku, Film ‘Cats’ Rugi Bandar Hingga Rp1 Triliun

Rabu, 1 Jan 2020 | 21:12 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Film terbaru Tom Hooper, ‘Cats’, dikabarkan mengalami kerugian luar biasa setelah mendapat hujaman kritik pedas dan review mengenaskan. Film ini dilaporkan telah rugi US$71 juta atau sebesar Rp985 miliar.

Tidak hanya rugi Bandar, film yang dibintangi oleh Taylor Swift, Jason Derulo, Judi Dench, dan Jennifer Hudson tersebut bahkan sudah dihapus Universal Pictures dari Daftar Pertimbangan Penghargaan atau yang biasa dikenal dengan ‘For Your Consideration’ untuk Oscar 2020.

Media Deadline menyebut jika kerugian rugi US$71 juta film ini belum berhenti dari modal yang telah dirogoh oleh Universal, Amblin Entertainment, dan Working Title Films.

Kerugian tersebut bisa dikatakan sebagai angka paling kecil dari biaya produksi bersih yang mencapai US$90 juta dan US$115 biaya iklan cetak.

“Lebih parah lagi, itu belum termasuk biaya penyewaan bioskop di seluruh dunia, pajak global free/pay TV dan global home entertainment, termasuk streaming yang diperkirakan mencapai hingga US$155 juta. Biaya itu juga ditambah iklan sebesar US$226 juta (Rp3,1 triliun),” kata salah satu keterangan di Deadline.

Sementara berdasarkan pantauan Box Office Mojo, ‘Cats’ baru meraup pendapatan kotor sebesar US$38,3 juta atau setara dengan Rp531 miliar.

Film karya sutradara pemenang Academy Awards tersebut diadaptasi dari pementasan musikal karya Andrew Llyod Webber itu menuai banyak kritik dan hujatan dari penikmat film.

Kegagalan film 'Cats; sudah mulai terlihat dari video trailer yang viral dan dicaci netizen karena visualnya. Video trailer tersebut pun hanya menjadi bahan meme.

Tak lama setelah film Cats resmi dirilis, Universal merilis versi terbaru film itu ke bioskop dengan sebuah memo yang menyatakan bahwa ada perbaikan visual efek dalam film

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...