Sunroof Atau Moonroof

Muchdi
Muchdi

Sunroof Atau  Moonroof

Sunroof dan moonroof biasanya ada di mobil-mobil mewah.

Jakarta - Sunroof adalah sebuah panel diatap mobil yang dapat dioperasikan agar cahaya atau udara dapat keluar masuk melaluinya. Sunroof biasanya berbahan tempered glass ataupun plat. Moonroof adalah panel yang ada diatap mobil fungsinya hampir sama dengan sunroof. Saat ini sunroof dan moonroof menjadi sebuah kelengkapan mobil mewah, karena bentuk kaca yang ramping memungkinkan penumpang bisa melihat langsung pemandangan luar baik dalam keadaan tertutup maupun terbuka. Sunroof memiliki kinerja hampir sama, namun sunroof terbuka ke atas dan moonroofmasuk kedalam atap.

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada sunroof dan moonroof, dan keduanya memiliki perbedaan. Berikut ini beberapa hal mendasar yang membedakan kedua fitur tersebut seperti dilansir situs resmi Toyota, Senin 7 September 2015.

Pada umumnya sunroof berwujud panel solid yang bisa dibuka atau dilepas, sedangkan moonroof biasanya terbuat dari kaca yang bening.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sunroof berupa panel buram atau logam, sehingga harus dibuka untuk memungkinkan cahaya atau udara memasuki kabin. Sementara, moonroof tetap memungkinkan cahaya masuk meskipun dalam posisi tertutup karena berupa panel kaca bening.

Panel kaca moonroof yang bisa digeser membuat moonroof lebih bergaya dibandingkan sunroof. Oleh karena itu, moonroof merupakan sebuah kelengkapan standar pada berbagai mobil mewah yang beredar saat ini.

Sejak diperkenalkan, moonroof menjadi semakin populer karena panel kaca tampak ramping dan memungkinkan penumpang untuk bisa melihat pemandangan di atas mobil bahkan ketika sedang tertutup.

Pada sebagian mobil, panel moonroof bisa digeser sepenuhnya sehingga meninggalkan lubang terbuka di atap mobil. Hal ini tentu saja yang memungkinkan penumpang untuk bisa menghirup udara segar dan menikmati paparan sinar matahari secara langsung.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});