Supaya Bisa Tidur Lebih Nyenyak, Konsumsilah Minuman Berikut

Rusmanto
Rusmanto

Supaya Bisa Tidur Lebih Nyenyak, Konsumsilah Minuman Berikut ilustrasi
Winnetnews.com - Tidur adalah salah satu aktivitas yang sangat penting bagi tubuh. Dengan tidur, tubuh bisa beristirahat secara fisik dan juga pikiran. Esok hari setelah Anda tidur semalaman, tubuh akan terasa lebih nyaman. Meski tidur memberikan cukup banyak manfaat, tidak semua orang bisa melakukannya.

Minuman yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Kita bisa tidur dengan nyenyak kalau memiliki tubuh bersih, pakaian nyaman, hingga kamar yang adem. Selain apa yang sudah disebutkan, Anda juga bisa tidur dengan nyaman kalau mengonsumsi beberapa minuman di bawah ini.

1. Susu Hangat

Susu hangat adalah minuman pertama yang akan membantu Anda bisa tidur dengan nyenyak. Susu hangat akan membuat perut jadi nyaman sehingga peluang terjadi kantuk akan besar. Susu juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama tanpa memasukkan banyak kalori.

Susu yang diminum bisa disesuaikan dengan selera. Kalau Anda mengonsumsi susu dengan kandungan cokelat lebih besar akan lebih baik. Cokelat memberikan rasa nyaman di tubuh sehingga cocok untuk memperbaiki mood setelah lelah seharian bekerja.

2. Teh Chamomile

Chamomile adalah bunga yang dimanfaatkan sebagai tanaman herbal sejak ribuan tahun yang lalu. Bunga yang kerap dikeringkan lalu diseduh menjadi teh ini memiliki cukup banyak kandungan bermanfaat yang bisa mengatasi masalah mood, anxiety, hingga mengatasi  gangguan tidur seperti insomnia.

Anda bisa mengonsumsi teh chamomile ini kalau sering sekali mengalami gangguan tidur. Misal susah tidur atau tidur selalu tidak nyenyak. Konsumsi teh ini sebanyak 1-2 kali sehari khususnya saat sedang tidur. Rasa nyaman pasca minum teh akan membuat Anda segera tidur dengan nyenyak.

3. Susu Almond

Almond adalah salah satu kacang-kacangan yang sangat bermanfaat. Pertama, susu almond mampu memberikan asupan nutrisi yang cukup. Meski susu nabati, kandungan bisa menyaingi susu hewani.

Selain itu hampir semua komponen dari almond mampu mengatasi masalah tidur. Bahkan ada penelitian yang mendukung hal ini. Anda bisa langsung mengonsumsi almond secara langsung atau dibuat susu agar lebih mudah dikonsumsi dan bisa dicampur dengan bahan lain misal buah-buahan.

4. Teh Ashwagandha

Ashwagandha adalah salah satu herbal paling penting dalam pengobatan ala Ayurveda di India. Tanaman ini bisa dimanfaatkan mulai dari akar, batang, daun, dan buah yang mirip beri. Umumnya bagian batang dan daun akan dikeringkan menjadi teh.

Mengonsumsi teh dari daun kering ashwagandha secara rutin bisa membuat Anda jadi lebih sehat. Bahkan, gangguan tidur yang selama ini dialami bisa segera diatasi dengan mudah.

5. Smoothies Pisang

Pisang adalah makanan yang akan memberikan efek kenyang lama pada tubuh. Kandungan gula yang cukup tinggi dan aman bisa dimanfaatkan untuk memberikan rasa nyaman di perut saat dimakan secara langsung atau dibuat menjadi smoothies.

Kalau Anda ingin membuat smoothies, bahan campurannya sesuai dengan selera, pisang menjadi bahan utama untuk diolah. Jangan tambahkan gula atau susu karena bisa menaikkan jumlah kalori.

Apa Reaksi Kamu?