Supaya Gak Cepat Habis, Ini Cara Kelola Uang THR dengan Bijak!

Nurul Faradila

Dipublikasikan 7 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Supaya Gak Cepat Habis, Ini Cara Kelola Uang THR dengan Bijak!
Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Winnetnews.com -  Mendekati Hari Raya Idul Fitri, biasanya seseorang akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Selain untuk dibagikan kepada keluarga terdekat, uang THR juga dipakai untuk membeli keperluan pribadi.

Akan tetapi, kamu juga harus pandai mengelola uang THR agar tidak habis begitu saja. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. Yuk cari tahu apa saja yang harus dilakukan agar THR tidak cepat habis.

Bayar zakat, infaq, dan sedekah

Saat mendapatkan THR, jangan lupa untuk mengalokasikan uang untuk membayar zakat fitra yang biasa dilakukan di bulan Ramadan. Kamu juga bisa menyisihkan dana THR untuk keperluan amal lain, seperti infaq dan sedekah.

Buat perencanaan dan tentukan prioritas

Sebelum berbelanja, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mempunyai daftar belanjaan. Ini dimaksudkan agar ketika belanja sudah tahu mana kebutuhan yang menjadi prioritas dan tidak. Daftar belanjaan pun juga membuat kamu tidak kalap saat sedang berbelanja dan malah bertindak boros.

Beli barang yang bisa dipakai lama

Jika ingin belanja secara bijak, kamu bisa membeli barang-barang yang long lasting atau bisa bertahan untuk waktu yang lama. Cara ini membuat kamu lebih hemat, karena tidak perlu membelinya lagi di kemudian hari.

Manfaatkan promo

Menjelang lebaran, pusat perbelanjaan atau pun e-commerce akan memberikan promo menarik. Ini bisa kamu manfaatkan untuk berbelanja. Meski begitu, pastikan untuk tetap bisa mengontrol diri agar tidak konsumtif.

Tabung

Jika masih ada uang THR yang tersisa, kamu bisa memanfaatkan uang tersebut untuk ditabung. Menyisihkan dana yang kamu punya untuk dana darurat, adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan agar tidak panik saat ada keperluan yang tidak terduga.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...