Skip to main content

Supermoon dan Hujan Meteor Akan Hiasi Langit Malam Ini

Foto: CNN
Foto: CNN

WinNetNews.com - Supermoon akan muncul pada 14 November 2016. Seluruh lapisan masyarakat sudah mempersiapkan hal - hal untuk dapat melihat langsung fenomena yang pernah terjadi sejak 1948.

Sebuah fenomena alam "supermoon" terjadi ketika bulan menjadi penuh pada hari yang sama dengan titik perigee-nya, titik di mana orbit bulan ketika terdekat dengan Bumi.

Istilah ini diambil dari pseudosains astrologi tetapi telah diadopsi oleh budaya populer dan astronom. Supermoon umumnya muncul menjadi 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari bulan purnama lainnya.

Sementara bulan tersebut terjadi sekitar setiap 13 bulan, November adalah salah satunya.

Menurut NASA, bulan supermoon ini "menjadi penuh dalam waktu sekitar dua jam dari perigee - bisa dibilang menjadikannya sebagai bulan ekstra-super.", seperti dikutip dari CNN , Senin (14/11).

Nah bagi Anda yang ingin melihat langsung seberapa besar supermoon ini, Cepatlah mencari tempat yang pas untuk bisa mengabadikan momen langka ini. Anda bisa menggunakan tempat yang tinggi seperti perbukitan atau tempat tinggi lainnya.

Sebulan setelah mega-supermoon, supermoon lain akan naik pada tanggal 14 Desember. Ini juga akan menjadi pemandangan yang wajib untuk dilihat, tetapi juga akan membatasi kesempatan kita untuk melihat sesuatu yang indah lainnya, yaitu sebuah hujan meteorGeminid .

Hujan meteor Geminid, fenomena yag juga langka, disebut demikian karena meteor terlihat seperti datang dari konstelasi Gemini. Tapi cahaya supermoon ini sangat cerah dan pasti akan mengurangi jumlah meteor yang bisa Anda lihat.

NASA mengatakan kita akan beruntung jika kita melihat selusin meteor dalam satu jam di puncak bukit, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan lebih dari 100 meteor per jam.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top