Surabaya Kampanyekan 'Diet' Kantong Plastik

Surabaya Kampanyekan 'Diet' Kantong Plastik

Jumat, 19 Feb 2016 | 03:54 | Rusmanto
WinNetNews.com - Sampah plastik di Surabaya, Jawa Timur, mencapai 400 ton setiap harinya. Pemkot meminta warga mulai mengurangi penggunaan kantong plastik

"Sebenarnya program diet kantong plastik sudah disuarakan Pemkot Surabaya sejak dulu. Pemkot melalui Dinas Kebersihan memiliki berbagai program kebersihan," ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Surabaya, Chalid Buhari, Kamis (18/2/2016).

Beberapa program kebersihan mengurangi sampah di antaranya kantin sehat dan program 'Green and Clean' yang merupakan upaya melibatkan partsipasi warga untuk mengurangi produksi sampah setiap harinya.

Untuk mengurangi jumlah sampah plastik, Pemkot mengimbau warga untuk membawa kantong belanja sendiri saat berbelanja. Ini dilakukan juga untuk mendukung pelaksanaan dari Surat Edaran Kementrian Lingkungan Hidup nomor : SE-06/PSLB3-PS/2015, tentang Antisipasi Penerapan Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Pada Usaha Retail Modern mulai 21 Februari hingga 5 Juni 2016 mendatang.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi menjelaskan, Pemkot Surabaya secara aktif melakukan koordinasi dengan perguruan tinggi, pelaku retail modern, PD Pasar hingga pedagang di Sentra PKL terkait sosialiasi penggunaan kantong plastik sebagai media penyimpanan.

Karena itu pihaknya juga akan memberikan masukan kepada Dinas Perindustrian dengan menambahkan persyaratan tidak menggunakan sampah plastik pada pemilik retail saat mengajukan perizinan.

"Kampanye ini juga merupakan salah satu cara Pemkot untuk menyambut aturan dari Kementerian. Jangan sampai saat Peraturan Menteri (Permen) keluar dan tiba-tiba memberikan sanksi, hal tersebut sangat tidak fair bagi pemilik retail. Kami juga berharap agar para pelajar turut serta untuk berkampanye diet kantong plastik, karena kampanye tentang lingkungan memang sangat efektif jika dimulai dari anak-anak," papar Musdiq.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...