Surat Botol Pelajar Jepang Ditemukan di Hawaii Usai Mengapung 37 Tahun

Nurul Faradila

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Surat Botol Pelajar Jepang Ditemukan di Hawaii Usai Mengapung 37 Tahun
Foto: BBC

Winnetnews.com -  Surat botol sering muncul di sejumlah film. Biasanya, orang yang menulis surat botol tersebut akan membuangnya ke laut dan membiarkannya mengapung, dengan harapan siapapun yang menemukannya akan membalas.

Belum lama ini, sebuah surat botol yang berisi pesan dari tahun 1984, ditemukan di Hawaii oelh seorang anak kecil berusia 9 tahun bernama Abbie Graham. Penemuan ini terjadi selang 37 tahun seorang siswa SMA di Jepang yang menghanyutkannya ke laut.

Melansir CNN, pesan di surat tersebut berjudul ‘Penyelidikan arus laut’. Surat botol itu diketahui diletakan di Kuroshio Current dekat Pulau Miyakejima, Jepang, sebagai bagian dari proyek sekolah.

Surat yang masih terbungkus itu, memiliki pesan, siapa pun yang menemukannya, harus mengembalikan surat botol itu ke sekolah, SMA Choshi.

Diketahui saat penemuan, Abbie Graham pergi bersama keluarganya ke sebuah pantai dekat kota Hilo, Hawaii. Ini artinya, surat botol tersebut sudah menempuh perjalanan 4.350 mili.

Pihak sekolah mengatakan, mereka menghanyutkan sekitar 450 surat botol pada 1984 dan 300 pada 1985, sebagai bagian survei arus laut. Sejauh ini, 51 botol sudah ditemukan dan dikembalikan.

Akan tetapi, botol-botol tersebut hanya ditemukan pada 2002. Sehingga penemuan surat botol ini, bagi Mayumi Kanda yang menulis suratnya, adalah hal yang mengejutkan.

SMA Choshi mengatakan murid-muridnya berencana menuliskan surat kepada Abbie untuk berterima kasih, karena sudah mengembalikannya. Mereka juga akan menyertakan miniature Tairyo bata, sejenis bendera nelayan yang pernah digunakan untuk menunjukkan hasil angkut yang baik, sebagai hadiah.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...