(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Susah Tidur, Coba Jalan-Jalan Di Pantai

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Susah Tidur, Coba Jalan-Jalan Di Pantai

 

Wingamers.com - Susah tidur, coba jalan jalan di pantai. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berjalan-jalan di pinggir pantai tidur lebih lama 47 menit dibanding orang-orang yang berjalan di trotoar biasa. Mereka hanya mendapat tambahan tidur 12 menit.

Berdasarkan studi, berjalan di pinggir pantai juga memprovokasi pemikiran mengenai masa kecil da keluarga sehingga menyediakan kesempatan untuk instropeksi dan refleksi diri.

Seperti dilansir dari The Guardian, psikolog lingkungan, Eleanor Ratcliffe, yang juga memimpin penelitian ini mengatakan: “Jelas bahwa ada sesuatu yang spesial dari pesisir pantai yang menyebabkan mood kita meningkat sehingga bisa lebih santai dan tidur lebih lama,” katanya.

Sekitar 100 partisipan berusia 21-82 tahun ikut dalam studi ini. Mereka berjalan sekitar 7 mil – satu grup berjalan di pinggir pantai dan sisanya berjalan di dataran biasa, taman atau pegunungan. Partisipan dari kedua grup ini dilaporkan lebih bahagia, lebih tenang, dan tidur lebih baik setelah berjalan-jalan tadi. Namun, Ratcliffe menambahkan, mereka yang berjalan-jalan di pinggir pantai tidurnya lebih lama dibanding yang lainnya.

Hasilnya mungkin tidak terlalu mengejutkan. Kita tahu bahwa beberapa “bantuan tidur” di pasaran berhubungan dengan laut, misalnya CD yang berisi suara lautan. Namun, alasan mengapa berjalan di pinggir pantai bisa membantu tidur lebih lama masih menjadi teka-teki hingga saat ini.

Ratcliffe beranggapan, hal itu bisa terjadi karena berjalan di pinggir pantai berkaitan dengan pengalaman liburan dan memunculkan perasaan bahagia.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});