Susah Tidur di Malam Hari? Coba Tips Tidur ala Militer AS ini
Ilustrasi: New York Post

Susah Tidur di Malam Hari? Coba Tips Tidur ala Militer AS ini

Sabtu, 16 Nov 2019 | 08:25 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Apakah kamu sering mengalami kesulitan tidur ketika malam hari? Ada beberapa trik militer Amerika Serikat yang dapat kamu coba untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Untuk melakukan trik ini, kamu hanya butuh waktu sekitar 10 menit saja.

Dirangkum dari The Sun, trik ini sering digunakan oleh para pilot AS ketika Perang Dunia ke-2. Mereka membuat metode ilmiah untuk bisa tidur dalam kondisi apapun.

Rilekskan wajah

image0
Ilustrasi: Relaxation Rooms

Saat berbaring di tempat tidur, coba untuk fokus pada wajah dan pusat emosimu. Kamu dapat coba untuk menutup mata dan bernapas secara pelan dan dalam. Rilekskan seluruh otot di wajah dan jangan coba untuk mengernyitkan atau mengerutkan alis agar semuanya lepas. Hela napas dan rasakan pipi, lidah, dan rahangmu menjadi rileks. Kamu dapat coba fokus untuk merilekskan mata.

Lemaskan bahu

image1
Ilustrasi: TidakPenting.com

Selanjutnya, kamu harus coba untuk melemaskan bahu selemas mungkin. Bayangkan kedua bahumu mengambang di tubuhmu. Secara perlahan, coba untuk merilekskan bangian punggung dan leher. Setelah itu kamu bisa coba untuk merilekskan kedua lenganmu, dari mulai sisi yang dominan, kemudian dilanjutkan ke jari-jarimu. Ulangi poses yang sama untuk tangan satunya.

Lemaskan kaki

image2
Ilustrasi: Halodoc

Kamu bisa merilekskan paha kanan, dari mulai betis sampai pergelangan kaki. Jangan sampai kaku dan tidak sadar. Kamu bisa lakukan hal yang sama pada kaki kiri. Dengan melakukan langkan pelemasan kaki, sudah bisa dipastikan semua anggota badanmu terasa rileks.

Kosongkan pikiran

image3
Ilustrasi: Riiv

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan ada mengosongkan pikiranmu selama 10 detik. Jangan coba memikirkan hal lain, misalnya hal bodoh, memalukan, atau tidak menyenangkan yang kamu alami hari itu. Hal-hal tersebut dapat memicu otot secara tidak sadar. Sebagai gantinya, kamu dapat coba memfokuskan pikiran pada satu gambar statis dalam kepalamu. Misalnya saja kamu dapat membayangkan dirimu sedang berbaring di sofa dengan kamar gelap gulita dan tahan gambar tersebut selama 10 detik. Jika tidak berhasil, kamu dapat mencoba menggulangi kata-kata ‘jangan berpikir’ selama 10 detik berulang kali hingga pikiranmu menjadi kosong.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...