Susah Tidur Siang? Ini Dia Tipsnya

Susah Tidur Siang? Ini Dia Tipsnya ilustrasi

WinNetNews.com - Tidur siang bagi para pekerja adalah hal yang mudah namun sangat sulit dan mahal untuk didapatkan. Padahal, tidur siang dipercayai dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, kesehatan dan bahkan panjang umur.

Akibatnya, seringkali ketika mendapatkan kesempatan tidur siang, saat libur misalnya, malah kita kesusahan untuk melakukannya. Seperti dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, Kamis, (10/5/2018), berikut beberapa tips yang bisa membantumu mudah untuk tidur siang, bisa dicoba dari sekarang!

-  Hitung durasi tidur siangmu

Seberapa lama durasimu tidur siang sangat penting. Menurut beberapa ahli tidur, tidur siang yang berkualitas berdurasi 10 hingga 20 menit, cukup untuk menambah energi dan kemampuan mental, kurang dari itu bisa membuatmu malah tidak enak badan.

Jika kamu mempunyai waktu luang sekitar 60-90 menit di siang hari, manfaatkan untuk tidur siang demi mengembalikan performa kesehatanmu. Jangan lupa hitung durasi yang kamu butuhkan, termasuk berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk tertidur.

Sehingga sangat penting kamu mengetahui berapa lama waktu tidur siang yang kamu butuhkan agar saat bangun badanmu menjadi lebih segar. Gunakan juga fitur alarm pada telepon genggammu untuk membangunkanmu saat waktunya habis.

-  Ambil waktu yang tepat untuk tidur siang

Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah saat periode ritme sirkadianmu sedang dalam energi rendah. Yaitu sekitar pukul 13.00 - 16.00 setelah makan siang.

Tidur setelah rentang waktu tersebut berbahaya karena bisa mengusik waktu dan kualitas tidur malammu dan malah bikin kamu tidak mengantuk saat malam. Jadi ingat kan mengapa orang tua kita selalu mengingatkan untuk tidak tidur menjelang maghrib atau waktu senja?

-  Berlatih tidur siang

Mungkin kamu berpikir, untuk apa tidur kok harus dilatih? Jangan salah, tidur juga membutuhkan skill, jika satu faktornya saja salah bisa berefek pada kualitas tidur dan kesehatanmu, lho.

Tidur siang merupakan kebiasaan yang membutuhkan waktu untuk dibentuk dan dijadikan ritual harian. Selalu perhatikan faktor-faktor saat kamu ingin tidur siang, seperti di mana kamu tidur.

Jika masih susah tidur siang, kamu bisa lakukan teknik napas 4-7-8 untuk membantumu tertidur lebih cepat.

- Tidur di area yang gelap dan tenang

Disebutkan sebelumnya, bahwa tidur memiliki faktor-faktor penentu yang dapat menjadikannya berkualitas. Yang paling utama adalah faktor di mana kita akan tidur.

Idealnya, kondisi terbaik untuk tidur (siang ataupun malam) adalah berada dalam tempat yang gelap dan tenang. Yang jadi masalah saat tidur siang, adalah sangat tidak mungkin menemukan lokasi yang tepat jika kamu bekerja di kantor.

Coba siasati dengan membeli masker mata dan earphone atau headphone. Masker mata membantumu mengurangi cahaya yang masuk ke mata dan earphone mengurangi bising ke telinga, kamu juga bisa menambahkan dengan mendengar musik-musik yang menenangkan.

- Coba 'caffeinated nap'

Tidur siang tidak bisa asal-asalan, karena akan mempengaruhi produktivitasmu setelah bangun. Berbagai macam harus bisa kamu lakukan agar mendapatkan tidur siang yang berkualitas.

Salah satu caranya adalah caffeinated nap, atau tidur siang berkafein. Membingungkan memang, karena kafein seharusnya malah membuatmu terjaga ketimbang mengantuk.

Kafein membutuhkan sekitar 20 menit sebelum berefek pada tubuhmu. Oleh karena itu justru tepat jika kamu meminum kopi sebelum kamu tidur siang, karena efek kafein akan membantumu bangun lebih cepat.

"Hanya saja, aku merekomendasikanmu menggunakan metode ini sebagai cara terakhir, agar menghindari efek adiktif dari kafein," kata Mayo Oshin, motivator performa dan penulis Change Your Habits, dikutip dari The Ladder.