Sushi Termasuk Makanan Sehat atau Tidak?

Rusmanto
Rusmanto

Sushi Termasuk Makanan Sehat atau Tidak? ilustrasi
Winnetnews.com - Jika kita berbicara tentang makanan khas Jepang, maka makanan pertama yang akan terpikir biasanya adalah sushi. Sushi sudah sangat populer dan bisa ditemukan di mana saja, termasuk di Indonesia. Hanya saja, sushi biasanya terbuat dari bahan daging ikan mentah yang membuat sebagian orang ragu untuk mengonsumsinya. Sebenarnya, sushi termasuk dalam makanan sehat atau tidak?

Berbagai Bahan Pembuat Sushi

Pakar kesehatan menyebut di dalam sushi terdapat beberapa jenis kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, serta serat.

Berikut adalah berbagai kandungan yang bisa kita temukan di dalam sushi yang bisa menentukan apakah makanan ini sebenarnya sehat atau tidak.

1. Nasi

Bahan utama dari sushi sebenarnya adalah nasi.

Bagi masyarakat Indonesia, nasi sudah biasa dikonsumsi sebagai makanan pokok sehari-hari. Hal inilah yang membuat kita cenderung bisa menikmati sushi dengan mudah. Keberadaan nasi ini membuat sushi mampu menyediakan sumber energi bagi tubuh. Kita juga akan lebih mudah merasa kenyang saat mengonsumsinya.

Hanya saja, ada sebagian penjual sushi yang memakai nasi yang sudah diolah dengan bahan lainnya seperti gula atau garam yang membuatnya memiliki kandungan kalori yang lebih banyak. Jika terlalu banyak dikonsumsi, dikhawatirkan akan memicu kenaikan berat badan.

2. Daging Ikan

Bahan utama lainnya dari sushi adalah daging ikan. Bisanya, daging ikan yang digunakan dalam sushi adalah yang berjenis ikan tuna atau ikan salmon. Selain rasanya yang enak, daging ikan ini juga cenderung memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Sebagai contoh, kita bisa menemukan kandungan protein, yodium, vitamin, mineral, dan asam lemak omega tiga yang baik bagi kesehatan. Sebagai informasi, kandungan yang disebut terakhir dikenal luas mampu menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung.

Apa Reaksi Kamu?