Susi Kembalikan Sisa Anggaran Tak Terpakai

Susi Kembalikan Sisa Anggaran Tak Terpakai

WinNetNews.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan pihaknya bakal mengembalikan sisa anggaran dari negara yang tidak terpakai sebagai upaya tidak lagi kembali ke rezim pengelolaan bahwa anggaran harus dihabiskan.

Menurut Susi, sebagai kementerian yang telah dijadikan Presiden Joko Widodo sebagai kementerian contoh, maka pihaknya juga bakal menghentikan alokasi anggaran kepada sejumlah penganggaran yang tidak efektif.

Baca juga: Menkeu Puji Kepiawaian Susi Susun Anggaran

Bila anggaran negara banyak menggunakan utang dari berbagai pihak lain apalagi menggunakannya dengan tidak efektif, ujar dia, negara tersebut bisa mengalami fenomena kebangkrutan seperti dialami oleh beberapa negara antara lain Yunani dan Argentina.

Dia juga menyatakan pengembalian anggaran negara yang tidak terpakai adalah juga agar generasi mendatang yang ada di Indonesia juga tidak terbebani oleh utang.

Apalagi, lanjutnya, beragam sumber daya alam yang menjadi andalan bagi pemasukan Indonesia saat ini juga diperkirakan bakal dapat habis di masa depan karena termasuk sumber daya tak terbarukan.

Menteri Kelautan dan Perikanan juga mengingatkan bahwa Presiden Jokowi juga sudah menyetujui kenaikan tunjangan kinerja untuk pegawai KKP sehingga kinerja kementerian tersebut diharapkan juga terus meningkat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjadikan KKP sebagai kementerian percontohan karena mampu mengubah paradigma penggunaan anggaran menjadi semakin efektif.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan hal itu di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (8/12), setelah Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Jokowi.

Pramono mengatakan Presiden menjadikan KKP sebagai "role model" karena kementerian itu dinilai telah berhasil mengubah paradigma internal kementerian.

disadur dari situs bisnis