Susu Laktosa Cocok untuk Orang yang Tidak Suka Susu?

Rusmanto
Rusmanto

Susu Laktosa Cocok untuk Orang yang Tidak Suka Susu? ilustrasi
Winnetnews.com - Orang-orang yang memiliki intoleransi laktosa tidak bisa mengonsumsi susu hewani karena tubuh mereka tidak bisa mencerna gula laktosa yang ada dalam susu. Maka itu, mengonsumsi susu maupun produk olahannya justru akan memicu berbagai gejala intoleransi, seperti sakit perut, kembung, diare, hingga mual dan muntah. Meski begitu, tidak dapat dipungkiri cukup sulit untuk benar-benar menghindari susu karena sangat umum diolah menjadi banyak macam hidangan. Lantas, apa bisa mengganti susu biasa dengan susu rendah laktosa?

Apa itu susu rendah laktosa (low lactose milk)?

Susu rendah laktosa adalah susu sapi yang kadar laktosanya lebih sedikit dari seharusnya. Susu ini diolah menggunakan proses hidrolisis untuk memecah sebagian besar molekul laktosa.

Kemudian susu akan ditambahkan enzim laktase dan dipasteurisasi. Enzim laktase tambahan itu nantinya akan memecah lebih banyak laktosa yang masih tersisa. Setelah proses ini selesai, susu akan disimpan selama dua puluh empat jam. Ketika laktosanya sudah berkurang cukup banyak, susu akan kembali melewati proses pasteurisasi untuk menghentikan aktivitas enzim laktase.

Hasil akhir dari susu ini setidaknya hanya mengandung 30% laktosa. Sementara itu versi lactose free milk 99% bebas laktosa. Susu bebas laktosa (lactose-free) diolah dengan prosedur yang sama, namun ditambahkan enzim laktase yang lebih banyak dan dipasteurisasi lebih lama sampai kandungan laktosanya habis.

Apa Reaksi Kamu?