Susul Amerika Serikat dan Inggris, Jerman Sampaikan Belasungkawa untuk BJ Habibie

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Susul Amerika Serikat dan Inggris, Jerman Sampaikan Belasungkawa untuk BJ Habibie BJ Habibie (sumber: MSN.com)

Winnetnews.com - Setelah sebelumnya mendapat ungkapan belasungkawa dari pemerintah Amerika Serikat dan Inggris, BJ Habibie juga memeroleh ucapan duka dari pemerintah Jerman.

Menurut pernyataan Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Peter Scoof, BJ Habibie merupakan sosok yang krusial dalam perkembangan ilmu teknologi di Indonesia. Ia juga menuturkan jika BJ Habibie banyak memberikan kemajuan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jerman.

“Suatu kepedihan yang berat mengingat bahwa kita telah kehilangan sosok inspirasional, BJ Habibie. Hati kami sepenuhnya bersama keluarga yang bersangkutan. Presiden Habibie telah membuat kontribusi yang luar biasa terhadap Indonesia, juga terhadap hubungan Indonesia dan Jerman.” Ucap Scoof melalui akun Twitter pribadinya.

Sosok Habibie memang sangat identik dengan Jerman. Ia pernah belajar di Jerman selama muda, tepatnya di Universitas RWTH Aachen, Jerman Barat, pada 1955 silam. Ia mengambil bidang studi teknik penerbangan dengan penjurusan konstruksi pesawat terbang.

Lulus kuliah, Habibie mendapatkan pekerjaan di perusahaan kereta api. Ia dan Ainun kemudian memutuskan untuk tinggal di Jerman sejak tahun 1962.

Ia sangat terkenal di antara cendikiawan, politikus, dan kanselir Jerman. Habibie bahkan pernah menerima gelar Warga Negara Kehormatan Jerman pada tahun 1988.

Tidak hanya Jerman, ucapan belasungkawa sebelumnya disampaikan oleh beberapa negara sahabat Indonesia, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Malaysia, dan Timor Leste.

Menyusul Jerman, Prancis dan Uni Eropa juga ikut memberikan ucapan belasungkawa kepada mantan Presiden RI ke-3 tersebut.

 

Apa Reaksi Kamu?