Susul Jokowi, Ridwan Kamil Ikut Pindahkan Ibu Kota Jabar
Ridwan Kamil (sumber: Regional Kompas)

Susul Jokowi, Ridwan Kamil Ikut Pindahkan Ibu Kota Jabar

Kamis, 29 Agt 2019 | 18:42 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com -  Pasca pengumuman pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur diumumkan oleh Presiden Jokowi, pro dan kontra dari masyarakat banyak bermunculan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sepertinya tidak ingin ketinggalan euforia. Ia berencana mengikuti jejak Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota Jawa Barat ke daerah lainnya.

Usulan tersebut telah mendapatkan lampu hijau dari DPRD Jawa Barat untuk selanjutnya dikaji lebih dalam. Hal ini disampaikannya berdasar pada paripurna terakhir DPRD periode 2019-2024.

Melansir Detik.com, Kamis (29/08), Emil−sapaan akrab Ridwan−mengungkapkan jika Pemerintah Jawa Barat sedang melakukan tinjauan lokasi.

“Sudah ada persetujuan dari DPRD mengenai wacana pemindahan pusat pemerintahan. Sementara masih dikaji lebih lanjut. Kami masih meninjau beberapa lokasi di Jabar,” ujar Emil pada Kamis (28/08), di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung.

Emil memiliki alasan logis untuk memindahkan ibu kota Jawa Barat. Menurutnya, Bandung sudah tidak ideal untuk menjadi ibu kota.

“Secara fisik, Bandung sebelas duabelas dengan Jakarta, tidak lagi cocok sebagai pusat pemerintahan. Banyak kantor-kantor yang ceklok (terpisah) dan tidak produktif,” jelasnya.

Emil menyampaikan kepada media bahwa pemerintah Jawa Barat sedang melakukan pembahasan lebih dalam terkait pemindahan ibukota dalam enam bulan kedepan. Aspek-aspek yang dipertimbangkan diantaranya dari segi resiko bencana, aksesibilitas, tingkat ekonomi, hingga ketersediaan air.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...