Suu Kyi Yakinkan Berikan Perlindungan Untuk Warga Myanmar. Termasuk Rohingya?

Suu Kyi Yakinkan Berikan Perlindungan Untuk Warga Myanmar. Termasuk Rohingya? Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi akui pemerintahnya melakukan yang terbaik untuk melindungi semua orang di negara bagian Rakhine yang dilanda perselisihan tersebut, karena jumlah Muslim Rohingya yang melarikan diri ke Bangladesh meningkat 18.000 dalam satu hari, menjadi 164.000.

Suu Kyi tidak merujuk secara khusus kepada eksodus minoritas Rohingya, yang dipicu oleh serangan gerilyawan pada 25 Agustus dan serangan balik militer, namun mengatakan pemerintahannya berusaha semaksimal mungkin untuk mengurus semua warga negara.

Kritikus Barat telah menuduh Suu Kyi tidak berbicara untuk orang Rohingya, sekitar 1,1 juta orang yang telah lama mengeluhkan penganiayaan dan dilihat oleh banyak orang, karena Myanmar yang mayoritas beragama Buddha sebagai migran ilegal dari Bangladesh.

"Kami harus mengurus warga kami, kami harus mengurus semua orang yang berada di negara kami, apakah mereka warga negara kami atau tidak," kata Suu Kyi.

"Tentu saja, sumber daya kami tidak seadil dan memadai seperti yang kami inginkan, tapi kami tetap berusaha sebaik mungkin dan kami ingin memastikan bahwa setiap orang berhak mendapatkan perlindungan hukum," katanya saat berkunjung. oleh Perdana Menteri India Narendra Modi ke Yangon.