Suzuki Saat Ini Lebih Fokus Ke Motor Sport, Dibanding Skutik

Suzuki Saat Ini Lebih Fokus Ke Motor Sport, Dibanding Skutik

Selasa, 5 Apr 2016 | 10:10 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Saat ini jika melihat pasar otomotif roda dua, segmen skuter matik (skutik) paling digemari masyarakat Indonesia. Tapi hal ini tidak membuat Suzuki tergoda untuk lebih fokus mengembangkan motor skutiknya, tapi lebih mengembangkan motor sport.

Dept. Head Sales & Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua, Yohan Yahya memang mengakui bahwa segmen skutik merupakan segmen paling besar di Indonesia. Namun ditegaskan Yohan, segmen skutik yang paling besar adalah skutik low end yang sensitif dengan harga.

"Memang kalau kita lihat market, matik memang market yang besar. Tapi kembali lagi kan market itu sedemikian besarnya sehingga kebanyakan main di low. Low ini kan sensitif dengan harga, sensitif dengan diskon, sensitif dengan segala macam. Dengan kondisi sekarang dengan perang diskon itu, lebih baik kita tdak main di situ untuk sementara. Meskipun kita masih punya produk-produk matik, tapi kita berikan sesuai dengan tagline kita (nyalakan nyali)," kata Yohan.

Yohan mengakui bahwa Suzuki tidak jor-joran untuk bermain di segmen skutik. Meski begitu, Suzuki tak melupakan segmen skutik karena masih ada beberapa model skutik.

Sebenarnya, kata Yohan, perang diskon juga tidak baik. Menurut dia, perang diskon yang kerap ditawarkan pada segmen skutik low end tidak sehat untuk persaingan.

"Sebenarnya aturan juga tidak membolehkan dengan diskon yang besar/perang diskon, enggak sehat untuk semua. Kalau segmen di bawah otomatis perang diskon. Khususnya mereka yang create market, pasti akan bermain di situ. Agak berat untuk Suzuki, kita menghindari hal tu. Karena itu tidak mendidik kepada konsumen. Misalnya konsumen di-create dengan uang muka Rp 300-500 ribu, padahal pendapatan dia mungkin hanya Rp 1,5 juta, akhirnya akan jadi maslah. Kalau nanti ada masalah kita akan rugi juga," kata Yohan.

Namun sekali lagi, Suzuki tak melupakan begitu saja segmen skutik yang ramai. Lalu, apakah Suzuki bakal meluncurkan skutik model baru atau pembaruan skutik Address?

"Tunggu tanggal mainnya," tutup Yohan.  

Foto: motorsatria.com


MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...