Swedia Tanpa Ampun Hajar Luksemburg 8-0

Swedia Tanpa Ampun Hajar Luksemburg 8-0 Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Menjamu Luksemburg dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018, Swedia tanpa ampun mengahajar tamunya itu dengan skor 8-0.

Marcus Berg menjadi bintang Swedia dengan mencetak empat gol pada pertandingan di Friends Arena, Solna, Sabtu (7/10/2017). Andreas Granqvist menyumbangkan dua gol, sedangkan dua gol lainnya dicetak oleh Mikael Lustig dan Ola Toivonen.

Hasil ini untuk sementara mengatrol Swedia ke posisi teratas klasemen Grup A dengan perolehan 19 poin dari sembilan laga. Mereka unggul dua poin atas Prancis yang berada di posisi kedua, tapi Prancis baru main delapan kali. Adapun Luksemburg terpuruk di posisi terbawah dengan lima poin.

Granqvist membuka keunggulan Swedia lewat tendangan penalti pada menit kesepuluh. Hadiah penalti itu didapat Swedia setelah Toivonen dilanggar Christopher Martins. Granqvist yang menjadi eksekutor dengan tenang mengecoh kiper Luksemburg, Jonathan Joubert.

Berg memperbesar keunggulan Swedia menjadi 2-0 delapan menit kemudian. Usai menerima operan dari Toivonen, dia mengecoh pemain belakang Chris Philipps sebelum menceploskan bola ke dalam gawang. 

Berg kembali merobek gawang Luksemburg pada menit ke-37. Tembakannya bisa dimentahkan oleh Joubert, tapi bola muntah mengarah kepadanya dan dia tinggal menyundul si kulit bundar ke gawang kosong. Skor 3-0 untuk keunggulan Swedia bertahan hingga turun minum.

Gol yang dicetak Berg pada menit ke-54 membawa Swedia memimpin 4-0. Tembakan Berg dari luar kotak penalti tak bisa dihentikan oleh Joubert.

Lustig ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-60. Sundulan kepalanya meneruskan tendangan bebas Sebastian Larsson menggetarkan gawang Luksemburg untuk kelima kalinya.

Memasuki menit ke-67, Swedia mendapatkan hadiah penalti lagi. Handball Philipps memaksa wasit menunjuk titik putih. Granqvist kembali menjadi algojo dan sukses membawa Swedia memimpin 6-0.

Berg mencetak gol keempatnya pada laga ini di menit ke-71. Dia menuntaskan umpan silang Ludwig Augustinsson dari sisi kiri dengan sebuah sundulan kepala di tiang jauh.

Toivonen menutup pesta gol Swedia dengan sebuah gol pada menit ke-76. Tembakan voli Toivonen meneruskan umpan 

Emil Krafth memastikan Swedia menang 8-0.