Tabung Oksigen Palsu Beredar di Tulungagung, Diduga Berisi Udara Kompresor
Ilustrasi (Foto: ANTARA)

Tabung Oksigen Palsu Beredar di Tulungagung, Diduga Berisi Udara Kompresor

Kamis, 22 Jul 2021 | 09:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Pandemi Covid-19 yang kian mengganas di Indonesia membuat peredaran tabung oksigen kian terbatas. Namun, di tengah kondisi itu, sejumlah tabung oksigen palsu malah ditemukan di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. 

Hal tersebut diungkapkan oleh anggota peterjak Sol Koi di Tulungagung, Alpin yang biasa menggunakan oksigen untuk mengirim paket ikan hiasnya ke luar daerah. Ia menyadari oksigen yang digunakannya palsu setelah sejumlah ikannya mati saat akan dikirim.

"Kami menyadari oksigen yang kami dapat (beli) palsu setelah ikan dalam kantong plastik yang telah diisi udara dari tabung oksigen itu mati, hanya selang beberapa menit setelah pengisian," kata dia, Rabu (21/6), dikutip dari Okezone. 

"Kami kemudian menguji tabung hitam yang kami curigai berisi oksigen palsu dengan oksgen asli," lanjutnya. 

Pengujian yang dimaksud, lanjut Alpin yakni dengan memasukan udara dari dua tabung oksigen ke kantong plastik. Kantong yang berisi oksigen asli akan langsung terbakar saat disulut api. Sementara yang palsu sama sekali tidak terbakar. 

"Kalau dibakar kelihatan jelas sekali," katanya.

Kemudian, ia juga mengungkapkan oksigen asli terasa lebih segar. Ia mendiga oksigen palsu diisi dengan udara biasa dari mesin kompresor tambal ban.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...