Tahu Gak Sih? Kalau Anak Usia Enam Bulan Bisa Menyerap Cerita Loh!
Foto: Getty Images

Tahu Gak Sih? Kalau Anak Usia Enam Bulan Bisa Menyerap Cerita Loh!

Rabu, 17 Mei 2017 | 09:51 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Kamu perlu tahu kalau bayi berusia enam bulan bisa menyerang cerita. Kamu bisa menceritakan sebuah cerita lucu yang mendidik, namun tidak terlalu sulit dicerna.

Penelitian baru, yang dipresentasikan pada Pertemuan Ilmu Akademis Pediatrik minggu lalu, menyarankan agar bacakan buku kepada anakmu pada awal masa bayi. Ini dapat meningkatkan kosa kata dan kemampuan membaca empat tahun kemudian sebelum mereka mulai sekolah.

Periset memantau lebih dari 250 pasang ibu dan bayi selama empat setengah tahun untuk mengamati seberapa baik anak-anak memahami kata-kata serta kekuatan kemampuan membaca mereka.

Mereka membandingkan temuan mereka dengan jumlah pembacaan buku, yaitu jumlah buku di rumah tiap hari per minggu yang dihabiskan untuk membaca bersama, dan kualitas pembacaan buku bersama. Kualitas dinilai dengan bertanya kepada orang tua apakah mereka memiliki percakapan dengan anak mereka tentang buku tersebut, apakah anak-anak berinteraksi dengan gambar di halaman dan emosi karakter serta apakah ceritanya sesuai dengan usia.

Para peneliti menyesuaikan diri terhadap perbedaan sosial ekonomi dan menemukan bahwa kualitas dan kuantitas membaca pada awal masa bayi memprediksi kosakata anak sampai empat tahun kemudian. Kualitas membaca buku selama awal masa bayi memprediksikan kemampuan membaca yang kuat pada usia yang lebih muda, sementara kuantitas dan kualitas pembacaan buku selama balita sangat terkait dengan keterampilan membaca akhir-akhir ini, seperti anak-anak mampu menuliskan nama mereka pada usia empat tahun.

"Temuan ini menarik karena mereka menyarankan agar membacakan buku kepada anak kecil, yang dimulai pada awal masa kanak-kanak, memiliki efek jangka panjang dalam bahasa, kemampuan membaca dan membaca dini," kata penulis utama dan asisten profesor riset di departemen pediatri di New York University. (NYU) sekolah kedokteran.

"Apa yang mereka pelajari saat kamu membaca dengan mereka, karena bayi akan memiliki efek empat tahun kemudian ketika mereka akan mulai sekolah dasar [primer]." katanya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...