Skip to main content

Tahu Gak Sih? Orang yang Pertama Kali Naik Pesawat Bisa Saja Tertular Penyakit!

Foto: Getty
Foto: Getty

WinNetNews.com - Kalau kamu adalah salah satu penumpang pertama yang naik pesawat terbang, ada kemungkinan dampak buruk bagi kesehatanmu, dan meningkatkan kemungkinan penyebaran penyakit menular.

Jika kamu bepergian ke luar negri dengan menggunakan pesawat, mungkin kamu bisa tergoda untuk memilih boarding prioritas untuk mengalahkan antrian, namun menurut penelitian baru, hal itu mungkin akan merugikan lebih banyak daripada kebaikan.

Sebagian besar maskapai memilih untuk mengadopsi 'zone boarding' dimana penumpang kelas satu duduk terlebih dahulu, diikuti oleh bagian selanjutnya sampai pesawat penuh.

Seperti dikutip dari Independent, tim peneliti dari Arizona State University mengatakan bahwa jenis kelas ini bisa membuat kebanyakan orang berisiko terkena penyakit.

Mempelajari berbagai jenis skenario kelas dengan menggunakan model matematis, tim ingin melihat bagaimana penyakit seperti Ebola akan menyebar jika hanya satu orang yang sakit.

Mengkhawatirkan, hasilnya menunjukkan bahwa metode kelas di zona dengan kelas satu di depan meningkatkan kemungkinan seseorang terkena individu yang terinfeksi.

Misalnya, jika orang yang terinfeksi duduk di baris 18C, mereka harus melewati 18 deretan penumpang yang telah terisi. Dengan demikian, ini akan meningkatkan kemungkinan bahwa penyakit seseorang akan menyebar ke penumpang ini dan pada orang lain karena pesawat terus mengisi.

Sebaliknya, para periset menyarankan bahwa proses kelas di zona dua, setengah tempat duduk pesawat dari depan dan setengah dari belakang, akan bekerja paling baik. Dengan mengadopsi metode ini, studi mereka menemukan bahwa kontak penumpang akan turun sebesar 27 persen.

Sebagai alternatif, jika pesawat terbang menggunakan pesawat yang lebih kecil dengan hanya 50 kursi, ini akan mengurangi risiko seseorang yang berhubungan dengan individu yang terinfeksi oleh 13 persen lainnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top