Tahu kah Anda? ini 10 Karakteristik Orang-Orang Pintar

Tahu kah Anda? ini 10 Karakteristik Orang-Orang Pintar

WinNetNews.com - Pintar, sebagian orang mendefinisikan dengan kemampuan seseorang untuk berfikir di atas rata-rata kebanyakan orang pada sepantaran usianya, dan paham benar cara mendayagunakan otak untuk berfikir lebih baik dalam banyak hal. Ada juga yang memaknai bahwa kemampuan seseorang untuk memahami cara futuristik sesuai dengan (inventions) yang benar-benar tidak terpikirkan banyak orang.

Biasanya orang yang pintar diidentikan dengan seseorang yang penampilannya menggunakan kaca mata tebal, ini dikarenakan orang yang pintar biasanya menghabisakan waktunya berjam-jam untuk membaca buku dan belajar di depan monitor komputer. Ada juga yang beranggapan, orang pintar adalah orang yang sering membawa buku tebal dalam jumlah banyak kemana pun dia berada.

Terlepas dari semua itu, tahukah Anda bahwa setiap orang memiliki kepintaran yang berbeda-beda. Ada yang memang pintar, ada yang kurang pintar, dan ada yang biasa-biasa saja. Sstttt..!! tapi tunggu dulu, ada kepintaran terselubung yang tidak yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang lain.

Baca juga artikel: 5 Alasan Anak Muda Usia 20-an Sering Galau

Inilah 10 Karakteristik yang membuat seseorang bisa dikatakan pintar:

1. Sering Bertanya

image0

Ilustrasi (WinGamers/Flickr)

Terkadang ada orang yang beranggapan bahwa anak atau orang dewasa yang sering bertanya itu berarti dia tidak mengerti apa-apa dan ini artinya dia tidak pintar. Tak jarang hal ini membuat beberapa orang malas untuk menjawab pertanyaan yang diajukannya. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar. Ketika seseorang bertanya, artinya dia penasaran. Hal ini juga berarti bahwa orang yang bertanya benar-benar ingin tahu dan belajar lebih tentang apa yang mereka sedang tanyakan.

Biasanya orang-orang seperti inilah yang bisa belajar banyak dibandingkan orang lain yang cuek-cuek saja (jarang bertanya). Inilah salah satu keunikan orang pintar yang seringkali tidak terlihat oleh orang lain.

2. Mengaku Jika Berbuat Salah

image1

Ilustrasi (WinGamers/Patheos)

Orang-orang yang menganggap diri mereka adalah yang paling benar dan mereka tidak pernah melakukan kesalahan justru adalah orang-orang yang kurang pintar. Umumnya orang-orang yang kurang pintar ini justru tidak pernah mengakui kesalahan-kesalahan yang pernah mereka buat. Jika Anda adalah seseorang yang suka mengakui kesalahan, maka Anda memiliki karakterstik orang yang pintar.

3. Memiliki EQ (Emotional Quotients) Baik

image2

Ilustrasi (winGamers/the-cma)

IQ tinggi tidak cukup untuk mengindikasikan bahwa seseorang itu bisa dikatakan pintar. Jika Anda pemarah, judes, dan selalu tidak baik dengan orang lain, tentu tidak akan ada yang suka dengan Anda. Justru orang-orang yang pandai menahan emosi dan maminkannya dengan baik adalah orang yang cenderung pintar.

4. Sering Curiga (Cek and ricek)

image3

Ilustrasi (WinGamers/draggpost)

Anda seringkali mencurigai sesuatu yang belum Anda lihat sendiri faktanya. Anda tidak langsung menelan mentah-mentah informasi yang Anda dapatkan. Anda selalu mencari kebenaran dari informasi tersebut. Bukan artinya Anda sinis ataupun pilih kasih. Tetapi ini menandakan bahwa Anda berfikir secara lebih logis daripada orang lain.

5. Menyukai Segala Sesuatu yang Berbau Seni

image4

Ilustrasi (WinGamers/ Libguides)

Anda yang menyukai seni biasanya memiliki keseimbangan di dalam berfikir. Artinya fungsi antara otak kanan dan kiri Anda bekerja secara seimbang.

6. Berfikir Sebelum Bertindak

image5

Ilustrasi (WinGamers/Casnocha)

Biasanya orang yang pandai tidak gegabah dan selalu merencanakan semuanya secara matang. Anda akan menjadi seseorang yang penuh dengan pertimbangan apabila dihadapkan dengan berbagai pilihan.

7. Berfikir Aktif

image6

Ilustrasi (WinGamers/routinesforwrites)

Anda sering begadang, atau nongkrong hingga larut malam meskipun hanya di kamar sendiri. Pikiran orang yang pintar akan berjalan secara terus menerus dan selalu aktif, termasuk pada saat malam hari. Namun, bukan berarti untuk menjadi pintar Anda harus selalu begadang hingga larut malam ya. Anda juga perlu beristirahat. Karena orang yang pintar hidupnya seimbang.

8. Terkadang Anda Merasa Terasing di Tengah-Tengah Keramaian

image7

Ilustrasi (WinGamers/irwantav)

Terkadang orang pintar akan merasa tidak nyambung pada saat mengobrol dengan orang lain. Misalkan pada saat Anda berkumpul dengan teman-teman Anda dan Anda merasa tidak cocok berada diantara mereka karena Anda tidak sejalan dengan apa yang sedang mereka bincangkan. Ini bukan berarti Anda bodoh atau kurang bergaul, tapi ini juga bis menjadi tanda bahwa Anda memiliki pemikiran yang unik dan berbeda dari yang lain.

9.Sering Melakukan Kesalahan dan Kegagalan

image8

Ilustrasi (WinGamers/Bisnistop)

Anda seringkali melakukan kesalahan dan kegagalan, namun Anda akan selalu belajar dari hal tersebut. Pada akhirnya Anda akan bangkit lagi untuk lebih baik dari sebelumnya. Orang yang pintar biasanya memiliki sifat pantang menyerah dan selalu menoba lagi dan lagi.

10. Penasaran Dengan Berbagai Hal

image9

Ilustrasi (Wingamers/tumblr)

Rasa penasaran dimiliki oleh semua orang pintar, termasuk Anda jika Anda sering meras apenasaran. Penasaran itu tidak selalu salah, dan jangan segan-segan untuk bertanya meskipun terkadang pertanyaan kamu itu agak sedikit memalukan. Lebih baik Anda malu sekali dari pada Anda tidak tahu selama-lamanya. Dalam bahasa kekinian, mungkin hal ini lebih dikenal dengan istilah "Kepo".