(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tahukah Kamu Kalau Bulan Menyerap Oksigen Dari Bumi?

Oky
Oky

Tahukah Kamu Kalau Bulan Menyerap Oksigen Dari Bumi? sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Setiap malam kita pasti melihat bulan bersinar ditengah gelapnya malam, bahkan karena keindahan cahaya bulan itu, banyak seniman membuat puisi dan lirik lagu dengan membawa kata bulan. Namun tahukah kamu kalau bulan sebenarnya menyerap oksigen dari bumi? Dan haruskah kita khawatir akan hal tersebut?

Menurut ilmuwan, penduduk Bumi seharusnya tidak perlu khawatir dengan pencurian oksigen yang dilakukan oleh Bulan. Sebab, jumlahnya tidak seberapa. Hanya sekitar 90 metrik dari total sekitar lima quadrillion metrik ton.

Dokter Kentaro Terada dari Universitas Osaka memaparkan penelitian terkait pencurian oksigen tersebut dalam jurnal Nature Astronomy. Ia menjelaskan bahwa sesungguhnya sebagian besar permukaan Bulan dibombardir dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, 'angin matahari' yang dihasilkan oleh Matahari juga memuntahkan atom dan membuat permukaan Bulan terpapar oleh kekuatan yang besar. Tapi, selama lima hari setiap bulan, magnetosfer Bumi akan melewati Bulan.

Hal ini membuat Bulan terlindungi dari partikel Matahari. Kemudian, gelombang elektromagnetik yang diterima Bumi saat melindungi Bulan dalam masa orbitnya, mengionisasi molekul oksigen di bagian paling atas atmosfer kita.

Saat itulah, terjadi proses 'transfer' atau 'pencurian' oksigen oleh Bulan. Walau demikian, pada proses transfer tersebut hanya sekitar 26.000 molekul oksigen yang terionisasi per detik. Jumlah tersebut tidak cukup untuk menimbulkan risiko bagi Bumi maupun memungkinkan kita bernapas di Bulan.

Melansir dari Ancientcode, proses pencurian ini ternyata telah berlangsung selama dua miliar tahun. Dan proses pencurian tersebut baru diketahui setelah penelitian yang dilakukan ilmuwan Jepang pada tahun 2008.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});