Tahukah Kamu Kalau Diabetes Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran?

Fellyanda Suci Agiesta

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Tahukah Kamu Kalau Diabetes Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran?
Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Kamu mungkin sudah tahu bahwa penyakit jantung, kerusakan saraf atau masalah penglihatan adalah komplikasi dari diabetes. Tapi apakah kamu tahu bahwa kehilangan pendengaran juga bisa disebabkan karena diabetes?

Orang dengan diabetes tipe 2 memiliki dua kali risiko menderita gangguan komplikasi bila dibandingkan dengan mereka tanpa syarat. Hubungan antara gangguan pendengaran dan diabetes telah didirikan di beberapa studi penelitian. Gula darahyang tinggi benar-benar dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di telinga bagian dalam. Hal ini mirip dengan cara bagaimana merusak pembuluh darah di hati, ginjal dan saraf.

Kadang-kadang, peneliti juga merasa sulit untuk menemukan hubungan antara diabetes dan gangguan pendengaran. Salah satu alasannya adalah bahwa orang dengan diabetes tipe 2 cenderung lebih tua, yang membuatnya sulit untuk mengetahui bahwa gangguan pendengaran secara langsung berkaitan dengan diabetes atau kondisi yang berkaitan dengan usia.

Beberapa penelitian lain telah menyatakan bahwa orang dengan diabetes memiliki gangguan pendengaran lebih dari orang yang tidak kena diabetes. Lalu bagaimana mengetahui tentang tanda-tanda kemungkinan gangguan pendengaran yang dapat terjadi akibat diabetes?

1. Kamu merasa seperti orang disekitarmu sedang bergumam

Orang yang terkena gangguan pendengaran akibat diabetes mungkin benar-benar merasa bahwa setiap orang di sekitar mereka menggumamkan sesuatu. Mereka mungkin tidak dapat dengan jelas mendengarkan percakapan.

2. Meminta seseorang untuk ulangi ucapan

Karena kamu tidak dapat mendengarkan percakapan, kamu sering meminta orang untuk mengulangi apa yang baru saja mereka katakan.

3. Menyalakan suara terlalu keras

Kamu mungkin tidak dapat mendengarkan dengan baik seperti orang lain lakukan dan kamu mungkin pernah mengubah volume televisi atau radio yang sangat tinggi, sering menciptakan gangguan terhadap orang lain di sekitar.

4. Sulit menangkap percakapan

Kamu mungkin merasa sangat sulit untuk mengejar apa yang dikatakan dan mungkin kehilangan sebagian besar percakapan.

5. Kesulitan dalam mendengar saat di tempat ramai

Orang-orang seperti sering merasa sangat sulit untuk mendengar dengan baik dalam suasana yang keras seperti restoran atau tempat ramai lainnya.

6. Kamu mendengar dengungan di telingamu

Jika kamu sudah mendenhar suara dengungan dalam telingamu, cepat - cepatlah konsultasikan apa yang sedang kamu alami pada dokter, bisa jadi itu gejala diabetes, dan kamu perlu tahu!

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...