Tahukah Kamu Pengaruh Minuman Alkohol Bisa Mengarah Kepada Narkoba?
Your Teen Magazine

Tahukah Kamu Pengaruh Minuman Alkohol Bisa Mengarah Kepada Narkoba?

Kamis, 31 Okt 2019 | 15:33 | Yasmine Yulian

Winnetnews.com - Pengaruh buruk yang dapat ditimbulkan dari minuman alkohol dan narkoba bukan lagi menjadi rahasia umum. Narkoba adalah obat berbahaya dan telah beredar secara populer di masyarakat, khususnya di kalangan pelajar.

Hampir seluruh rakyat Indonesia mengetahui narkoba. Narkoba itu selalu dihindari karena berbahaya dan membuat orang kecanduan. Jika orang telah mengonsumsi narkoba, dan tiba-tiba tidak mengonsumsinya lagi, dia akan merasakan dorongan psikologis yang kuat untuk menkonsumsinya kembali.

Minuman keras adalah minuman yang mengandung alkohol dan dapat menimbulkan ketagihan, bisa berbahaya bagi pemakainya karena dapat mempengaruhi pikiran, suasana hati dan perilaku, serta menyebabkan kerusakan fungsi-fungsi organ tubuh. Efek yang ditimbulkan adalah memberikan rangsangan, menenangkan, menghilangkan rasa sakit, membius, serta membuat gembira.

Remaja melihat banyak orang disekitarnya mengkonsumsi minuman alkohol. Ditambah lagi kehidupan remaja saat ini dalam pertemanan tidak lepas dari minum-minuman keras. Terkadang seorang teman menyarankan teman yang lainnya untuk minum alkohol sehingga tidak heran dari sini mereka mulai  menggunakannya karena selalu tersedia di kelompok pertemanannya dan mereka  melihat  bahwa  teman-temannya sangat menyukai minuman keras ini.

Maka dari itu selain mencoba minuman keras mereka juga beralih ke narkoba karena mereka merasa keren ketika menggunakan nya. Biasanya para remaja mencoba sesuatu karena  ingin membuktikan keberaniannya pada teman-temannya, ingin  melepaskan diri dari masalah yang ada, dan dimasa yang sedang mencari jati dirinya.

Rasa ingin  tahu adalah kebutuhan setiap individu yang berasal dari dalam dirinya, terutama bagi generasi muda dimana salah satu sifatnya adalah  ingin  mencoba  hal-hal  yang baru. Rasa ingin  tahu terhadap narkoba  yang mereka anggap sebagai sesuatu yang baru dan kemudian mereka ingin mencobanya, akibat ingin  tahu itulah akhirnya menjadi pengkonsumsi tetap.

Selain itu faktor lingkungan sering menjadi penyebab mengkonsumsi narkoba bertambah. Salah satu bentuk faktor lingkungan yang meyebabkan bertambahnya pengkonsumsi narkoba adalah lingkungan tempat mereka bergaul dengan temannya  yang selalu memberikan kesempatan pada mereka untuk mengenal narkoba ini sehingga motif coba-coba sampai pada tahap ketagihan  membuat mereka senantiasa mengkonsumsi narkoba.

Seberapa berpengaruhkah minuman keras dan narkoba terhadap remaja?

Walaupun awalnya hanya mencoba minuman keras, hal itu bisa berpengaruh untuk sesuatu yang lebih lagi seperti memakai narkoba. Mengapa demikian?

“Karena masa remaja adalah masa dimana kita sedang mencari jati diri kita dan masa dimana ingin tahu segala hal, salah satunya mencoba sesuatu yang baru dan dianggap keren. Berawal dari mencoba itulah bisa membawa ke hal yang lain lagi, dan membuat kita ketergantungan terhadap hal tersebut” papar SFD Arie Wibowo, Wasakjen ARTIPENA, saat diwawancarai di Kalbis Institute, pada Jumat (18/10/19) lalu.

Penyalahgunaan narkoba memberikan dampak jika digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Ketergantungan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal.

Menurut data yang diterima oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah penyalahgunaan narkoba di Tanah Air mencapai 3,5 juta orang pada tahun 2017 lalu. Bahkan hampir 1 juta orang diantaranya telah menjadi pecandu, kebanyakan dari korban-korban tersebut adalah remaja. Dampak minuman keras juga berbahaya bagi fisik yang meminumnya seperti menimbulkan kerusakan hati, jantung dan menggangu metabolisme tubuh.

***

 

Yasmine Yulian adalah mahasiswi London School of Public Relations Jakarta.

 

 

Editor: Sofia Citradewi

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...