Tahun Depan di Taiwan Hanya Akan Ada Jaringan 4G

Rusmanto
Rusmanto

Tahun Depan di Taiwan Hanya Akan Ada Jaringan 4G ilustrasi

WinNetNews.com - Muncul sebuah laporan bahwa Taiwan cuma akan melayani jaringan 4G pada tahun 2019. Itu karena tahun depan jaringan 3G akan dihentikan sedangkan 5G pun belum tiba.

Begitu setidaknya pemberitaan dari ZDNet yang merujuk pada laporan dari Sina, Selasa (18/12/2018). Sina sendiri merangkum kabar dari media-media lokal Taiwan.

Mayoritas penduduk Taiwan saat ini sudah beralih ke jaringan 4G. Tapi masih ada sekitar 200 ribu pelanggan yang menggunakan 3G. Penyedia layanan lokal juga sudah menggulirkan kampanye dan promosi agar mereka ikut beralih ke ranah 4G.

Langkah pemerintah Taiwan untuk menyetop layanan pada jaringan 3G ini merupakan langkah lanjutan setelah sebelumnya melakukan hal serupa pada jaringan 2G, yang disetop pelayanannya pada 1 Juli 2017.

Sehubungan dengan hal itu, regulator dan operator telekomunikasi di Taiwan juga disebut sudah saling bahu-membahu secara aktif dalam mendorong pertumbuhan jangkauan layanan 4G.

Laporan itu menambahkan bahwa sampai dengan bulan Maret 2018, jumlah pengguna 4G sudah melampaui populasi di Taiwan. Sebaliknya pengguna 3G menyusut ke angka 228 ribu orang pada pertengahan November, dari kisaran 5,5 juta pada tahun 2017.

Jika jaringan 3G memang benar-benar dihentikan di Taiwan tahun depan, dipastikan jaringan telekomunikasi yang tersedia di sana pada tahun 2019 hanyalah 4G. Itu karena pemerintah setempat baru akan memulai proses awal adopsi 5G paling cepat tahun 2020.

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Tahun Depan Taiwan Dikabarkan Cuma Layani 4G"

Apa Reaksi Kamu?