Tahun Depan Peneliti akan Buat Roti yang Bisa Dimakan di Luar Angkasa

kontributor

Dipublikasikan 4 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Tahun Depan Peneliti akan Buat Roti yang Bisa Dimakan di Luar Angkasa

winnetnews.com - Sebuah adonan roti dan oven khusus ruang angkasa, tahun depan akan diuji oleh Stasiun Angkasa Internasional. Jika berhasil para Astronot nantinya akan menghirup aroma roti di luar angkasa. Selama ini para astronot tidak dapat menikmati makanan-makanan segar lantaran keterbatasan yang ada di luar angkasa. kehadiran roti dan oven di luar angkasa nantinya akan lebih menyengkan kehidupan para astronot dan wisatawan di sana.

Proyek ambisius yang dikembangkan oleh Bake In Space bekerjasama dengan German Aerospace Centre dan beberapa ilmuwan makanan itu bukannya tanpa alasan. Roti memang menjadi salah sat u makanan pokok di bumi, tetapi roti dapat mengancam kehidupan di luar angkasa. NASA melarang astronot memakan roti karena remah-remah roti dapat terbang di mana-mana sehingga menyebatkan kelilipan atau konsleting di dalam panel listrik. Sejak saat itulah, NASA hanya memperbolehan kulit tortilla sebagai adonan alternatif.

Sebelumnya ada dua orang astronot yang memakan roti sandwich dan daging kornet di luar angkasa dengan cara diam-diam diselundupkan di dalam pesawat ulang alik. Nantinya adonan roti yang dibuat akan menghasilkan roti yang bebas dari remah. Mereka pun berharap dapat menghasilkan roti dengan tekstur yang gurih, kenyal dan tanpa remah, dengan tidak mengurangi rasa rotinya.

Di sisi lain, anggota tim OHB System AG Matthias Boehme saat ini sedang merancang oven yang sesuai dengan aturan Stasiun Luar Anggkasa Internasional. Listrik yang terbatas membuat oven harus bekerja dengan hanya 250 watt dan permukaan luar tidak bisa melebihi 45 derajat Celcius. Mereka harus menghasilkan oven dengan volume kecil yang bisa menahan panas dengan baik. Semoga saja penelitian yang sudah dipresentasikan di British Space Conference, Manchester ini bisa berjalan dengan baik.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...