(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tak Ada UU Yang Melarang Warga DKI Makan Daging Anjing

Rani
Rani

Tak Ada UU Yang Melarang Warga DKI Makan Daging Anjing

Jakarta, WinGamers - Kabar beredar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP), sedang menggodok Pergub tentang konsumsi daging Anjing. Hal ini bertujuan untuk melindungi warga dari bahaya penyakit rabies akibat konsumsi daging anjing yang terjangkit virus rabies (penyakit anjing gila).

image0

Foto anjing rabies (Wingamers/Flickr)

Sebelumnya dilansir dari beritaJakarta, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan "Jadi, saya diberitahu bahwa itu harus dikontrol jangan biarkan orang sakit karena mengkonsumsi daging anjing"

"Jangan biarkan orang yang tidak bertanggung jawab menjual daging anjing rabies untuk dimakan oleh orang-orang. Ini akan membuat mereka terbunuh," tegas Ahok, di Balaikota, Selasa (29/9).

Disamping itu, Kepala Dinas KPKP Darjamuni mengatakan "Intinya, saya tidak mau ada masyarakat kena rabies lagi. Sejak tahun 2004, Jakarta sudah bersih dari rabies".

Namun ketika ditemui di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan Jak-Pus pada Hari Rabu (30/9), pria yang sering disapa Ahok itu menegaskan bahwa dirinya tidak pernah mempersoalkan daging anjing yang dikonsumsi warga.

Menurutnya tidak ada undang-undang yang melarang warganya untuk mengkonsumsi daging anjing. Beliau hanya menekankan agar Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan untuk melakukan pengecekan kondisi anjing yang masuk ke Jakarta. Setiap anjing yang masuk ke Jakarta harus diperiksa dan dipastikan bebas dari penyakit rabies.

"Nggak perlu ada pergub. Kemarin kan saya bilang, saya bukan mempersoalkan daging anjingnya tapi laporan warga banyak anjing rabies dari luar kota masuk ke Jakarta," Kata Ahok.

"Kalau masing-masing hewan mau ngasih pergub capek saya, nanti ada Pergub tupai, kucing dan tikus. Solusinya menggunakan pergub yang ada, tinggal dirazia saja,"Lanjutnya.

"Kita ini hukum positif, tidak bisa kita melarang orang makan anjing. Jadi orang mau makan anjing pun walaupun saya nggak suka tapi saya penyayang anjing, saya nggak bisa menangkap mereka," tegas Ahok.

"Menurut saya kalau anjing harus diperiksa dari mana ini curian apa bukan. Kalau dari luar kota tanpa izin atau tidak. Kalau tanpa izin, curian kita bisa pidana. Dengan cara ini mengurangi supply daging anjing," lanjutnya.

"Makanya saya tanya katanya mesti ada Pergub? Nah kita kan baru akan bahas secara hukumnya. Menurut saya nggak perlu Pergub tinggal gunakan Pergub yang sudah ada untuk mencegah daging konsumsi kan tugas pemerintah menjaga daging konsumsi tetap sehat gitu saja," jelas Ahok.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});