Tak Banyak yang Tahu, 5 Tanaman Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak
Foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Tak Banyak yang Tahu, 5 Tanaman Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Selasa, 12 Jan 2021 | 16:20 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Tidur nyenyak memiliki banyak manfaat bagi tubuh, selain untuk kesehatan fisik, hal ini juga berdampak positif bagi kesehatan mental. Agar bisa tidur nyenyak, biasanya orang-orang akan memasang aroma therapy di kamar mereka ataupun mendengarkan suara-suara tertentu.

Tak banyak yang tahu, ternyata beberapa tanaman juga bisa membuat seseorang tidur dengan lelap. Mengutip Hunker, berikut ini sejumlah tanaman yang bisa membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

Tanaman lidah mertua

Mempunyai nama Sansevieria, tanaman lidah mertua tidak hanya bisa mempercantik ruangan, tapi juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Tanaman ini diketahui dapat membersihkan udara yang ada di kamar.

Menurut NASA, jika ada formaldehyde, benzene, xylene, toluene atau trichloroethylene di udara kamar, maka tanaman lidah mertua akan menghilangkannya. Tanaman ini juga mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari.

Peace lily

Peace lily atau bunga lili perdamaian, sebenarnya tidak masuk dalam klan lily, melainkan berasal dari keluarga Areceae. Tanaman ini dapat menyaring racun dari udara. Tak hanya itu, mereka juga dikenal dapat menekan spora jamur dan mikroba udara yang bisa memicu alergi dan menambah kelembaban udara.

Valerian

Valerian biasanya digunakan untuk membuat suplemen dan memiliki sifat yang bisa membantu orang untuk melawan gangguan tidur (insomnia). Menyimpan valerian di kamar, dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur. Para ilmuwan bahkan melaporkan bahwa orang yang mencium bunga valerian, dapat tidur lebih lama dan nyenyak.

Lavender

Jamie Cooley, seorang konsultan nutrisi dan kesehatan bersertifikat melakukan penelitian dan menemukan aroma lavender dapat meningkatkan kualitas tidur. Meksipun beberapa penelitian lain melibatkan aromaterapi dengan minyak esensial daripada tanaman hidup, tapi hal ini menjadikan lavender cocok untuk diletakkan di kamar.

Sirih gading

Tanaman sirih gading ideal untuk diletakan di kamar tidur. Dalam sebuah studi baru-baru ini, para ilmuwan yang mengumpulkan studi udara bersih NASA menemukan sirih gading (Epipremnum aureum) adalah salah satu tanaman teratas dalam menghilangkan karbon monoksida dan formaldehida dari udara, sehingga seseorang bisa bernapas lebih mudah sepanjang malam.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...