Tak Beri Ampun, Agensi IU Ungkap Hasil Putusan Pengadilan terkait Komentator Jahat

Nisa Diniah

Dipublikasikan 5 hari yang lalu • Bacaan 2 Menit

Tak Beri Ampun, Agensi IU Ungkap Hasil Putusan Pengadilan terkait Komentator Jahat
Foto: Dispatch

Winnetnews.com -  Agensi IU telah mengambil langkah hukum terhadap mereka yang terbiasa memposting komentar jahat dan melanggar privasi IU sejak tahun 2019. Pada 21 Juni 2022, EDAM Entertainment kini telah merilis pernyataan terbaru mengenai kelanjutan penyebar komentar jahat yang ditujukan kepada IU.

"Sejak 2019, kami telah memberikan bukti pelaku yang biasa memposting hinaan, fitnah, dan postingan jahat tentang IU melalui jaringan informasi dan komunikasi seperti papan buletin internet. Kami mengumpulkan data dan mengajukan keluhan ke agen investigasi melalui firma hukum Shinwon," kata EDAM Entertainment.

Pengadilan memberikan hukuman masa percobaa selama 8 bulan penjara kepada pelaku tersebut dan 8 bulan lagi hukuman jika masa percobaan dilanggar. Selain itu, pelaku juga mendapat hukuman 2 tahun masa percobaan, 180 jam pengabdian masyarakat, dan 40 jam kuliah pengobatan kekerasan seksual. Jika masih melakukan tindakan yang sama, hukuman yang lebih berat dapat diberikan.

"Pengadilan telah memberikan hukuman percobaan 8 bulan penjara kepada pelaku (akan menjalani 8 bulan jika masa percobaan dilanggar), 2 tahun masa percobaan, 180 jam pelayanan masyarakat, dan 40 jam kuliah pengobatan kekerasan seksual atas tuduhan pelanggaran Undang-Undang tentang Promosi Pemanfaatan Jaringan Informasi dan Komunikasi dan Perlindungan Informasi (Pencemaran Nama Baik) dan pungutan lainnya. Jika orang tersebut melakukan kejahatan yang sama berulang kali bahkan setelah putusan pengadilan, kami akan terus mengambil langkah-langkah tindak lanjut sehingga hukuman yang lebih berat dapat diberikan," lanjut agensi.

Selain itu, agensi mengumpulkan bukti tentang netizen lain yang terus-menerus melayangkan komentar jahat tentang IU dan mengajukan keluhan, serta memberi tahu mereka bahwa penyelidikan sedang berlangsung.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk melindungi hak dan kepentingan artis kami sehingga tidak ada kerusakan lebih lanjut, dan kami menekankan sekali lagi bahwa kami akan merespons lebih keras tanpa keringanan hukuman atau penyelesaian dalam prosesnya," pungkas agensi.

Selama bertahun-tahun, IU telah menjadi subyek rumor palsu dan menyerangnya secara pribadi. EDAM sebelumnya telah mengungkapkan bahwa informasi dari penggemar, terutama postingan di komunitas online eksklusif, sangat membantu dalam kasus ini.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...