Tak Hanya Asam Urat, Ini Nih 10 Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan
ilustrasi Tumbuhan Kumis Kucing ( Photo Istimewa )

Tak Hanya Asam Urat, Ini Nih 10 Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Minggu, 14 Jul 2019 | 14:27 | Muchdi

Winnetnews.com -  Tanaman kumis kucing memiliki banyak manfaat untuk meringankan beberapa penyakit. Kumis kucing juga sering dijadikan sebagai obat saluran kemih hingga meringankan batuk.

Kumis kucing yang memiliki nama latin (Orthosiphon Aristatus) termasuk tanaman dari famili Lamiaceae. Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai obat alami dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan sampai kecantikan.

Kandungan kumis kucing antara lain mengandung tinggi kalium, glikosida, orthosiponon yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dalam tubuh.

Cara pengolahan kumis kucing ada dua cara. Pertama bisa merebus 4-5 lembar dengan segelas air dan dimasak hingga mendidih. Air rebusan daun kumis kucing bisa diminum 3 kali sehari.

Cara pengolahan kumis kucing yang kedua adalah menghaluskan 50 gram kumis kucing dengan 150 ml air dan menyaring airnya. Tuang di gelas dan minumlah bersama dengan campuran madu.

Kedua cara ini dapat dilakukan untuk mengobati asam urat dengan kumis kucing.

Dikutip dari situs detikHealth yang diramgkum dari berbagai sumber, Jakarta, dikutip Minggu (14/7/2019), tak hanya asam urat, berikut beberapa manfaat kumis kucing untuk kesehatan sampai kecantikan:

1. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Kumis kucing bermanfaat untuk membersihkan traktat. Sehingga manfaat kumis kucing sangat efektif dalam melawan infeksi. Seseorang yang terkena penyakit ISK atau Infeksi Saluran Kemih biasanya disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing.

2. Mengobati Gangguan Ginjal

Kumis kucing juga populer disebut sebagai tanaman ginjal. Di Pulau Jawa, manfaat kumis kucing telah dikenal luas, salah satunya adalah mengobati gangguan ginjal. Kabarnya kumis kucing dapat menghilangkan batu ginjal hingga berukuran 5 cm.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...