Tak Hanya Jakarta, 7 Negara Ini Juga Pindah Ibu Kota

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Tak Hanya Jakarta, 7 Negara Ini Juga Pindah Ibu Kota Petret Jakarta. (Foto: dw.com)

Winnetnews.com - Tema pemindahan ibu kota sedang menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Meski belum ada keputusan akhir mengenai kota yang akan terpilih sebagai ibu kota baru, Presiden Joko Widodo telah menetapkan bahwa ibu kota Indonesia akan pindah dari Pulau Jawa ke Pulau Kalimantan. Merujuk pada Twitternya yang diunggah tanggal 8 Agustus 2019, letak calon ibu kota adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur atau Kalimantan Selatan.

Segala aspeknya sedang dikaji mendalam sehingga keputusan nanti benar dalam visi ke depan kita -- visi besar berbangsa dan bernegara untuk 10, 50, 100 tahun ke depan.

Alasan kota dipilih sebagai ibu kota

Sejarah merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi terpilihnya sebuah kota sebagai ibu kota. Hal ini bisa merujuk kepada populasinya atau jika sebuah kota pernah ditempati oleh tokoh-tokoh penting.

Lokasi juga bisa menjadi faktor penentu pemilihan ibu kota.  Aspek militer dan pertahanan juga termasuk dalam pertimbangan ini. Tidak jarang ibu kota juga dipilih berdasarkan letaknya yang cukup sentral, sehingga memungkinkan warganya untuk meraih kota tersebut dengan akses yang mudah.

Selain kedua faktor tersebut, ekonomi yang sehat juga bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah ibu kota.

Pemindahan ibu kota bukanlah sebuah fenomena baru. Beberapa kota dibangun oleh pemerintahnya dengan sengaja untuk diangkat sebagai ibu kota baru. Berikut adalah beberapa ibu kota tersebut:

Apa Reaksi Kamu?