Skip to main content

Tak Harus Jeruk Mandarin Suguhan Saat Imlek

Tak Harus Jeruk Mandarin Suguhan Saat Imlek

WinNetNews.com - Selain kue keranjang, sajian Imlek juga diramaikan dengan hadirnya buah-buahan. Seperti halnya buah jeruk mandarin yang identik dengan Imlek.

Buah berwarna oranye ini diyakini masyarakat Tionghoa sebagai pembawa keberuntungan saat menyambut Tahun Baru China. Namun perlu diketahui, sesungguhnya buah jeruk mandarin tidak mutlak harus disuguhkan. Jeruk mandarin bisa diganti dengan jenis jeruk lainnya.

"Kalau suguhan jeruk tidak mesti jeruk mandarin. Buah jeruk apa saja bisa, karena buah jeruk itu sendiri melambangkan keberuntungan," jelas Oey Tjin Eng, Humas Perkumpulan Keagamaan dan Sosial Klenteng Boen Tek Bio.

Lanjut pria yang akrab disapa Eng ini, buah jeruk dilambangkan sebagai keberuntungan, dan tak sekadar jenis jeruk mandarin. Kata dia, asalkan buah yang disuguhkan itu adalah buah jeruk, maka hal itu juga melambangkan keberuntungan.

"Jeruk itu buah keberuntungan. Jadi jenis jeruk apa saja diyakini merupakan jeruk pembawa keberuntungan," lanjutnya.

Meski demikian, mungkin karena jeruk mandarin ini punya warna oranye cerah dan telah menjadi tradisi dalam perayaan imlek sejak dulu. Karena itu jeruk mandarin kerap terlihat dan seakan menjadi simbol keberuntungan dalam perayaan Imlek.

Dilansir dari laman okezone

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top