Tak Harus Jeruk Mandarin Suguhan Saat Imlek

Nadia Chevina
Senin, 08 Februari 2016 12:15 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Senin, 08 Februari 2016 12:15 WIB
Image Tak Harus Jeruk Mandarin Suguhan Saat Imlek

WinNetNews.com - Selain kue keranjang, sajian Imlek juga diramaikan dengan hadirnya buah-buahan. Seperti halnya buah jeruk mandarin yang identik dengan Imlek.

Buah berwarna oranye ini diyakini masyarakat Tionghoa sebagai pembawa keberuntungan saat menyambut Tahun Baru China. Namun perlu diketahui, sesungguhnya buah jeruk mandarin tidak mutlak harus disuguhkan. Jeruk mandarin bisa diganti dengan jenis jeruk lainnya.

"Kalau suguhan jeruk tidak mesti jeruk mandarin. Buah jeruk apa saja bisa, karena buah jeruk itu sendiri melambangkan keberuntungan," jelas Oey Tjin Eng, Humas Perkumpulan Keagamaan dan Sosial Klenteng Boen Tek Bio.

Lanjut pria yang akrab disapa Eng ini, buah jeruk dilambangkan sebagai keberuntungan, dan tak sekadar jenis jeruk mandarin. Kata dia, asalkan buah yang disuguhkan itu adalah buah jeruk, maka hal itu juga melambangkan keberuntungan.

"Jeruk itu buah keberuntungan. Jadi jenis jeruk apa saja diyakini merupakan jeruk pembawa keberuntungan," lanjutnya.

Meski demikian, mungkin karena jeruk mandarin ini punya warna oranye cerah dan telah menjadi tradisi dalam perayaan imlek sejak dulu. Karena itu jeruk mandarin kerap terlihat dan seakan menjadi simbol keberuntungan dalam perayaan Imlek.

Dilansir dari laman okezone

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Barcelona Serius untuk Datangkan Willian dari Chelsea

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.