Tak Ikut Jejak Sang Kakek, Rafid Habibie Lebih Pilih Sepak Bola

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Tak Ikut Jejak Sang Kakek, Rafid Habibie Lebih Pilih Sepak Bola Rafid Habibie. (Foto: WartaEkonomi)

Winnetnews.com - Sempat gagal masuk ke timnas U-19, Muhammad Rafid Habibie kini dirundung kesedihan yang cukup dalam. Cucu Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie ini tengah menjalani uji coba untuk masuk ke klub Kalimantan, Boreno FC, namun pihak klub memperkenankan Rafid pulang.

Rafud merupakan anak dari Rully Habibie, eks CEO PSM Makassar yang juga anak dari Junus Effendi Habibie. Junus Effendi, adik kandung BJ Habibie ini pernah menjabat sebagai Duta Besar (Dubes) RI untuk Inggris dan Belanda.

Mengutip Detik.com, Rafid memulai karir sepakbolanya di SSB Sam's Soccer Academy International (SSAI). Nama Rafid pertama kali mencuat pada April 2016, saat masih berusia 15 tahun. Ia masuk ke dalam skuad Bali United dalam ajang Trofeo Persija. Saat itu, Bali United dilatih oleh Indra Sjafri.

Setahun berselang, Indra yang menjadi pelatih timnas U-19 menyertakan Rafid dalam pemusatan latihan timnas U-19. Sayangnya, saat itu Rafid gagal terpilih masuk dalam skuad.

Setelahnya, Rafid pun mulai berkelana ke Eropa, seperti Portugal dan Italia. Ia diketahui pernah berlatih bersama Sporting Lisbon, klub masa kecil Cristiano Ronaldo. Namun ia kalah bersaing dengan para pemain muda Portugal. Selain itu, ia juga pernah berlatih bersama Perugia dan bermain bersama klub papan bawah Italia, Santarcangelo Calcio 1926.

Pada April lalu, muncul kabar Rafid akan direkrut oleh Persib B yang bermain di Liga 2. Namun akhirnya pelatih Persib B saat itu, Liestiadi, batal merekrutnya. Rafid sempat ditawarkan untuk masuk ke dalam skuad Persib U-20, namun dengan beberapa pertimbangan tertentu, Rafid memilih untuk menolak tawaran tersebut.

Berdasarkan postingan terakhirnya di instagram, Rafid diketahui masih aktif bermain sepakbola. Namun tampaknya saat ini ia belum terafiliasi dengan klub manapun.

Apa Reaksi Kamu?