Tak Lagi Rapornya Merah, PT. Pelni Tambah Optimis
Corporate Secretary PT. PELNI, Didik Dwi Prasetio (kiri)/Dokumentasi PT. Pelni

Tak Lagi Rapornya Merah, PT. Pelni Tambah Optimis

Jumat, 28 Apr 2017 | 19:23 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Sebagai salah satu cara melewati tantangan bisnis yang tentunya mestj dihadapi, PT. Pelni (Persero) mengusung tema One Spirit agar dapat tegar berdiri menjadi salah satu power house khususnya untuk jasa transportasi laut di negeri ini. Terlebih lagi di usianya yang sudah ke-65 tahun seperti ini, semangat kebersamaan dan pergantian pola pikir agar mampu bepikir lebih kreatif lagi.

Corporate Secretary PT. PELNI, Didik Dwi Prasetio mengatakan, usia 65 tahun merupakan usia yang cukup senja bila diukur dengan usia manusia, tetapi bagi sebuah perusahaan, usia tersebut harus terus mengarah pada perbaikan, kekokohan, dan kejayaan sebuah perusahaan.

Didik mencontohkan, sejak tahun 2014 PT PELNI (Persero) telah keluar dari raport merah, tidak menjadi BUMN yang rugi dan telah maraih laba.

"Pada 2013 PELNI rugi Rp 634 milyar. Pada 2014 laba Rp 11,2 milyar. Pada 2015 laba Rp 100, 2 milyar dan tahun 2016 laba Rp 248 milyar," ujar Didik di Jakarta, Jumat (28/04/2017).

Tidak hanya itu, dikutip dari keterangan resmi yang diterima, pada perayaan HUT ke-65 PELNI juga melakukan perubahan logo, 17 Project Quick Win, dan holding BUMN. Langkah-langkah transformasi ini bukan hanya menjadi program per direktorat saja, tetapi dukungan dari seluruh Insan PELNI baik yang di Kantor Pusat, Cabang, dan Kapal adalah penting demi kemajuan perusahaan.

"Perubahan logo PELNI untuk memberikan spirit baru dan segar diharapkan mampu menjadikan perusahaan ini menjadi lebih maju, modern, dan lebih produktif. Sedangkan 17 project quick win yang sudah ditetapkan pada Rapat Pimpinan bersama dengan manajemen diharapkan mampu meningkatkan kinerja perusahaan baik dari sisi teknis, operasional, hingga finansial," katanya.

PT Pelni saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang yang melayari 90 lebih pelabuhan di Indonesia. PT Pelni juga mengoperasikan 6 kapal Tol Laut, 46 kapal perintis, dan satu kapal ternak, seluruhnya menjalankan penugasan resmi dari Pemerintah. Pada tahun 2017 ini, PT Pelni berhasil menghubungkan (connecting) jadwal pelayaran kapal penumpangnya dengan kapal perintis.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...