Tak Mengenal Usia, Inilah Penyebab Pikun Dini

Nadia Chevina
Kamis, 03 September 2015 08:44 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Kamis, 03 September 2015 08:44 WIB
Image Tak Mengenal Usia, Inilah Penyebab Pikun Dini

Ketika seseorang di usia 50 tahun mengalami pikun itu sudah jadi hal yang wajar. Namun, akan menjadi tak wajar bila masalah kesehatan tersebut menerpa orang yang masih muda. Sebenarnya, apa yang menyebabkan kaum muda menjadi seorang pelupa? Yuk simak ulasannya.

Masalah tiroid

Kepikunan bisa disebabkan oleh masalah tiroid. Kelebihan tiroid misalnya. Jika Anda mengalami hal tersebut, segeralah kunjungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kurang tidur

Sejumlah ahli kesehatan menjelaskan, kurang tidur dapat mengganggu sistem dan fungsi otak. Biasanya, orang yang begadang akan lupa berbagai hal (termasuk hal-hal kecil) ketika dirinya terbangun dari tidur keesokan harinya.

Penyalahgunaan narkoba dan alkohol

Apakah Anda seorang pecandu narkoba? Atau mungkin Anda peminum alkohol yang sudah dalam tahap kecanduan? Bila ya, jangan heran kalau Anda sering pikun. Kata peneliti, dua hal tersebut memiliki dampak yang sama bagi diri Anda, yakni sama-sama merusak daya ingat.

Stres

Ingin miliki ingatan yang tajam? Mudah, cobalah untuk hindari yang namanya stres dan depresi. Menurut sejumlah studi, kepikunan dapat dicegah dengan menjalani hidup yang rileks dan bahagia.

Obat-obatan tertentu

Kepikunan juga dapat dipicu oleh konsumsi obat-obatan. Diungkapkan peneliti, ada obat-obatan tertentu yang dapat membuat pikiran melambat, di mana pada akhirnya bisa berujung pada kepikunan.

Masih ada faktor lain yang juga dapat memicu terjadinya kepikunan. Beberapa di antaranya adalah kekurangan nutrisi serta kehamilan.

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Hobi Baru Anies yaitu Plesiran ke Luar Negeri

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.