Tak Selamanya Buruk, Ini Manfaat Konsumsi Makanan Asin

Nurul Faradila

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Tak Selamanya Buruk, Ini Manfaat Konsumsi Makanan Asin
Foto: Pexels/Edu Carvalho

Winnetnews.com -  Makanan asin seperti keripik kentang atau popcorn, sering dijadikan sebagai camilan saat sedang bersantai. Untuk membuat makanan terasa asin, ketika diolah biasanya seseorang akan menambahkan garam ke dalamnya.

Memiliki rasa yang gurih, makanan asin kerap kali dikaitkan dengan darah tinggi dan penyebab obesitas.

Akan tetapi, sebenarnya makanan asin tidak sepenuhnya berdampak buruk bagi kesehatan, apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat mengonsumsi makanan asin.

Menyeimbangkan elektrolit

makanan asin
Manfaat makanan asin. Foto: Pexels/Karolina Grabwoska

Dalam jurnal Sports Health, terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan kalau garam laut merupakan sumber elektrolit yang baik. Kandungan natrium, magnesium, kalium, dan kalsium yang ada di garam laut, berguna untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap optimal.

Tubuh terhidrasi

Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, kamu membutuhkan keseimbangan natrium dan kalium yang halus. Ini karena air dalam tubuh mengikuti natrium, jadi jika kamu memiliki terlalu banyak air, maka tubuh akan menahan air.

Sedangkan kalium berfungsi untuk menyeimbangkan hal ini, itulah sebabnya garam laut jauh lebih baik daripada garam meja. Pasalnya garam laut mengandung natrium dan kalium, yang bisa menyeimbangkan kadar air secara alami.

Mendukung sistem saraf yang sehat

Sodium mengatur aliran air ke seluruh tubuh, yang sangat penting untuk sistem saraf yang sehat. Selain itu, air dari sistem saraf membutuhkan garam untuk konduksi listrik, yang mengirim dan menerima sinyal sistem saraf.

Sama seperti fungsi tubuh lainnya, otak membutuhkan keseimbangan natrium yang tepat dengan elektrolit lain. Itulah sebabnya garam laut adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan garam meja.

Meningkatkan kualitas tidur

Garam laut dianggap meningkatkan kualitas tidur karena mengandung begitu banyak elektrolit yang berguna untuk mengatur hormon. Ketika mengonsumsi makanan asin, maka kamu mungkin akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, tidak begitu hasu, dan lebih kenyang.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...