Taman Kota Asyik untuk Libur Lebaran di Semarang

Liani
Liani

Taman Kota Asyik untuk Libur Lebaran di Semarang

Berada di Semarang. Di sana ada berbagai taman kota yang asyik untuk dinikmati bersama keluarga di penghujung musim liburan.

Tercatat ada 5 taman kota keren yang bisa traveler kunjungi.

1. Taman Srigunting

image0

Taman kota pertama di Semarang tentu saja Taman Srigunting. Taman ini begitu hits di kalangan traveler muda. Wajar saja, di sini traveler bisa nongkrong asyik sambil menikmati jajanan lezat, serta berfoto dengan background Gereja Blenduk.

Traveler yang mudik ke Semarang wajib mampir ke Taman Srigunting ini. Tamannya terlihat bersih dan asri dengan pepohonan rindang di sekelilingnya. Untuk berkunjung ke sini, traveler juga tidak memerlukan biaya alias gratis.

2. Taman KB

image1

Sebenarnya, taman kota berikut memiliki nama asli Taman Menteri Supeno, namun oleh warga lokal taman ini lebih akrab disebut sebagai Taman KB. Di sini suasananya asri karena ada banyak tanaman dan pepohonan yang cukup menjulang. Bisa untuk berteduh saat panas siang menerjang Semarang.

Di sekeliling Taman KB juga berjajar aneka penjaja kuliner dan jajanan khas Semarang yang bisa menjadi pilihan traveler. Taman ini juga seru untuk anak-anak karena ada wahana bermainnya seperti ayunan, mobil hias dan lainnya. Cocok untuk dikunjungi saat traveler mudik ke Semarang.

3. Taman Pandanaran

image2

Taman berikutnya baru saja diresmikan oleh Pemkot Semarang pada awal 2015. Ya, inilah Taman Pandanaran, bisa dibilang taman kota ini menjadi ikon baru Kota Semarang. Taman ini menyimpan patung Warak Ngendhog, hewan imajiner yang kerap muncul saat perayaan Dugderan.

Patung Warak Ngendhog menjadi simbol pemersatu 3 etnis yang ada di Kota Semarang yaitu Tionghoa, Arab, dan Jawa. Taman ini terletak di Jalan Pandanaran, jika traveler berasal dari kawasan Simpang Lima, langsung saja menuju jalan Pandanaran. Ketemu lampu merah pertama, di sebelah kiri lah Taman Pandanaran berada. Jangan lupa mampir ya, traveler!

4. Taman Budaya Raden Saleh

image3

Traveler juga bisa mampir ke Taman Budaya Raden Saleh atau lebih dikenal dengan nama TBRS, saat mudik ke Semarang. Taman ini terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Sriwijaya No 29 Semarang dengan luas lahan sekitar 90 ribu m2. Bisa dibilang taman ini adalah pusat kegiatan kebudayaan dan kesenian di Semarang.

Taman ini punya pepohonan tua nan rindang dan aula yang sering dipakai untuk pertunjukan. Pada hari-hari tertentu (seringnya malam Jumat Kliwon atau malam Minggu) dipentaskan wayang. Selain itu, juga diadakan pementasan teater yang dipentaskan oleh Teater Lingkar, seni drama dan pembacaan puisi. Taman ini buka setiap hari dari pukul 06.00-21.00 WIB.

5. Taman Madukoro

image4

Terakhir, ada Taman Madukoro yang bisa dikunjungi oleh Traveler. Inilah taman kota pertama dimana traveler bisa bermain dengan burung Merpati yang hidup dengan bebas dan sengaja dipelihara di sana. Salah satu trik yang ditempuh Pemkot Semarang untuk menarik warga maupun traveler agar datang ke taman Madukoro.

Total ada ratusan ekor burung Merpati yang tinggal di Taman Madukoro. Mereka tinggal di atas 3 sangkar burung (pagupon) dengan ketinggian 2 meter yang dibangun belum lama ini. Para traveler dapat memanfaatkan waktu untuk bercengkerama dengan burung-burung lucu itu. Tak percaya? Kunjungi saja taman yang beralamat di Jl Jenderal Sudirman, Semarang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});