Taman Safari Indonesia Akan Kedatangan Giant Panda

Taman Safari Indonesia Akan Kedatangan Giant Panda

Selasa, 9 Agt 2016 | 10:45 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Taman Safari Indonesia Cisarua, Puncak, Bogor, akan kedatangan sepasang giant panda (Ailuropoda melanoleuca) dari China pada September 2016.

Hewan yang paling banyak digemari oleh masyarakat di seluruh dunia ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan juga hasil kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah China pada 2013.

Panda bernama Feyun dan Nyinhu itu dipinjamkan selama 10 tahun. Sebagai gantinya, Pemerintah Indonesia juga akan meminjamkan satwa khas, yakni komodo, ke China.

Direktur Taman Safari Indonesia Frans Manansang mengatakan, pihaknya telah mematangkan kesiapan kedatangan panda tersebut.

Untuk sepasang panda ini, Taman Safari Indonesia sudah membangun kandang seluas 1.800 meter persegi dan area khusus untuk panda seluas 5.000 meter persegi. Pembangunannya rampung pada 2015.

"Kita bikin tempatnya tiga lantai. Orang Tiongkok bilang ini kandang panda tercantik di dunia," ujar Frans di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (8/8/2016).

Bahkan, untuk arsitekturnya dibuat semirip mungkin dengan China. Gedungnya juga diberi hiasan lampion dan patung-patung panda.

Agar pengunjung dapat melihat langsung hewan khas Tirai Bambu ini, kandang pamer panda akan dipasang kaca yang cukup tebal agar tetap aman.

Tidak hanya itu saja, agar panda terawat dengan baik, terdapat ruang perawatan kesehatan khusus untuk panda, ruang pengolahan pakan, area teater dan ruang edukai untuk pengunjung.

Agar lebih mirip dengan habitatnya di China, Taman Safari Indonesia juga telah menyiapkan pohon bambu sebagai makanan favorit panda.

Petugas juga akan dilatih terlebih dahulu. Selain itu, petugas dari Tiongkok juga akan datang untuk memastikan kesiapannya.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...