Tanam Pohon, Jokowi Ingin Kawasan Danau Toba Kembali Hijau

Tanam Pohon, Jokowi Ingin Kawasan Danau Toba Kembali Hijau

Minggu, 21 Agt 2016 | 17:15 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kawasan Danau Toba menjadi hijau kembali. Karena itu, ia minta agar pohon-pohon yang sudah ditanam dirawat, dipelihara, dan diawasi terus agar benar-benar tumbuh.

“Jangan hanya tumbuhnya waktu kita tanam sekarang. Besok tumbuh, minggu depan tumbuh, tahun depan tumbuh, tahun depannya lagi menjadi sebuah pohon-pohon yang besar,” kata Presiden Jokowi usai melakukan penanaman pohon di Pulau Samosir, Kabupaten Samosir, Minggu (21/8) pagi.

Penanaman pohon secara simbolik itu menandai penanaman satu juta pohon di wilayah seluas 150 hektar yang direncanakan untuk pembangunan kebun raya di kawasan Danau Toba.

Menurut Presiden Jokowi, sampai dengan Desember tahun ini sudah disiapkan 1 juta pohon untuk ditanam di wilayah Danau Toba ini. Ia berharap 1 juta pohon itu benar-benar tumbuh.

“Jangan sampai hanya angkanya saja 1 juta tapi yang tumbuh hanya 100 biji. 1 juta dirawat, tumbuh 1 juta, bukan 100,” ujar Presiden mengingatkan.

Adapun untuk pemeliharaan, mengutip pernyataan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Presiden Jokowi mengatakan akan diberikan bantuan berupa pompa-pompa.

Presiden Jokowi berharap daerah 150 hektar di sekitar Samosir itu ke depan akan menjadi sebuah kebun raya di kawasan Toba ini.

“Ada buahnya, ada tanaman-tanaman pohon-pohonnya, saya kira campur-campur dan salah satunya nanti akan menjadi sebuah tempat penelitian yang baik bagi kita,” terang Presiden.

Mengakhiri sambutannya, Presiden kembali mengingatkan kembali agar pohon-pohon yang sudah ditanam itu supaya dirawat, dipelihara, sehingga pohon-pohon itu bisa tumbuh.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...