Tanaman Ini Selain Dipercaya Sebagai Pengusir Mahluk Halus, Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Rusmanto
Rusmanto

Tanaman Ini Selain Dipercaya Sebagai Pengusir Mahluk Halus, Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan ilustrasi
Winnetnews.com - Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan tanaman dlingo. Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman dlingo sering dikaitkan dengan hal mistis dan dipercaya sebagai salah satu tanaman yang dapat mengusir makhluk halus. Padahal di luar manfaat yang dipercaya masyarakat tersebut, banyak tersimpan manfaat dlingo yang justru belum diketahui secara luas.

Apa Itu Tanaman Dlingo?

Jeringau (Acorus calamus) atau yang lebih populer dengan nama dlingo adalah tumbuhan terna (berbatang lunak) yang membentuk rimpang berwarna putih. Rimpang tanaman dlingo memiliki aroma wangi yang kuat dan khas

Dlingo memiliki daun bertipe tunggal, berbentuk lanset, dan memiliki ujung runcing. Pangkal daunnya memeluk batang dan panjang daunnya kurang lebih adalah 60 cm dengan lebar rata-rata 5 cm. Bagian tanaman yang paling sering dimanfaatkan untuk herbal adalah rimpangnya, namun tidak jarang juga daun dan batangnya dimanfaatkan.

Tanaman dlingo memiliki kandungan senyawa kimia monoterpene, seskuiterpen, fenilpropanoid, flavonoid, kuinin, dan senyawa alpha dan beta-asaron. Kandungan senyawa kimia ini dapat berbeda-beda pada variasi jenis tanaman dlingo yang berbeda.

Manfaat Dlingo untuk Kesehatan

Tanaman dlingo dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan berkat kandungan berbagai senyawa kimia yang ada di dalamnya. Apa saja sebenarnya manfaat dlingo untuk kesehatan? Berikut adalah 10 di antaranya!

1. Obat malaria

Manfaat dlingo yang pertama adalah sebagai salah satu tanaman penyusun ramuan antimalaria.

Malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit plasmodium dan ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Beberapa daerah Indonesia masih tergolong sebagai daerah endemis malaria. Jika tidak ditangani dengan tepat, malaria dapat berbahaya dan menyebabkan komplikasi.

2. Mencegah kanker

Selain sebagai obat antimalaria, banyak juga etnis di Indonesia yang menjadikan dlingo sebagai salah satu penyusun obat kanker.

Manfaat tanaman dlingo ini mungkin masih terkait dengan kandungan antioksidan yang ada dalam tanaman dlingo. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan sangat dibutuhkan untuk mencegah kanker karena dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan sel.

3. Demam

Demam adalah kondisi di mana suhu tubuh meningkat hingga melebihi 37° C.

Demam menandakan adanya peradangan pada tubuh dan merupakan reaksi dari sel antibodi yang sedang melawan bakteri, virus, atau parasit yang menyerang. Cara mengatasi demam adalah dengan menggunakan obat antipiretik.

Dlingo adalah salah satu tanaman yang dipercaya memiliki efek antipiretik sekaligus juga anti peradangan sehingga tanaman ini termasuk ke dalam salah satu obat demam tradisional.

4. Menjaga keseimbangan hormon

Peran hormon sangat penting bagi tubuh dan keseimbangan hormon dalam tubuh berpengaruh pada kesehatan fisik dan psikologis seseorang.

Salah satu manfaat tanaman dlingo adalah membantu sekresi hormon agar keseimbangan hormon dalam tubuh tetap terjaga. Manfaat ini didapatkan dari kandungan minyak atsiri dan antioksidan yang banyak terkandung dalam tanaman dlingo.

5. Obat penenang

Tanaman dlingo dipercaya memiliki kandungan beberapa senyawa kimia yang dapat memberikan efek sedasi.

Hal ini membuat tanaman dlingo dimanfaatkan untuk membantu mengatasi depresi hingga serangan histeris. Selain itu, dlingo juga digunakan untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia  dan membantu kita mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Apa Reaksi Kamu?