Skip to main content

Tanda Nasi Sudah Tak Layak Makan

Tanda Nasi Sudah Tak Layak Makan
Tanda Nasi Sudah Tak Layak Makan

WinNetNews.com - Beras bagi banyak orang merupakan makanan pokok maka tak heran jika dimasak setiap hari. Nasi memang bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga tidak masalah jika masih ada sisa, tapi kenali tanda nasi yang sudah tidak bagus agar tidak ada efek negatif setelah melahapnya.

Berikut empat tanda nasi sudah tidak bagus. Berkurangnya kualitas nasi jadi indikator apakah nasi masih layak dikonsumsi atau tidak.

Nasi keras dan kering

Nasi yang keras dan kering adalah tanda alami yang akan terjadi jika nasi sudah disimpan beberapa hari. Kandungan air dalam nasi perlahan akan berkurang, inilah yang menyebabkan nasi akan menjadi lebih keras dan kering. Tekstur nasi akan semakin kering jika nasi disimpan dalam lemari es. Sebagai saran, simpanlah nasi yang tidak habis dalam wadah kedap udara.

Jangan diamkan nasi dalam suhu ruang

Nasi yang sudah matang sebaiknya disimpan dalam magic jar atau di dalam lemari es karena jika tidak maka bakteri akan berkembang dan membuat nasi mudah rusak. Dalam nasi terdapat bakteri bernama bacillus cereus yang bisa menyebabkan keracunan. Bakteri ini akan berhenti berkembang saat nasi disimpan dalam lemari es dan bersuhu rendah.

Dipanaskan berkali-kali

Nasi yang disimpan dalam lemari es otomatis akan dipanaskan kembali sebelum dikonsumsi. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan berulang kali karena kontaminasi bakteri akan semakin membuat nasi lebih cepat rusak. Sebaiknya hanya panaskan nasi sekali saja kemudian langsung habiskan.

Bau tak sedap

Jika tercium bau tak sedap pada nasi, itu jadi satu tanda yang mengindikasi nasi sudah rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi. Jangan lagi berusaha untuk memanaskannya karena nasi yang bau sudah waktunya dbuang. Biasanya nasi akan mengeluarkan aroma tak sedap jika sudah disimpan dalam lemari es selama kurang lebih empat hari.

Dilansir dari laman TheKitchen dan okezone

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top