Tanda-tanda Kamu Dilecehkan Pasangan
Foto:Pixabay

Tanda-tanda Kamu Dilecehkan Pasangan

Senin, 22 Feb 2021 | 19:30 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com -  Jika pelecehan secara fisik dampaknya bisa langsung dilihat oleh mata dan bisa dengan mudah disadari, sayangnya banyak orang yang tidak merasa telah mendapatkan pelecehan secara emosional dari pasangannya. 

Padahal dampak dari pelecehan emosional tidak kalah mengerikan dari pelecehan fisik. Berikut ini tanda-tanda kamu dilecehkan pasangan.

Menggunakan bahasa yang rendah

Jika pasangan melakukan ini saat dia marah dan tidak merasa bersalah sama sekali setelahnya (atau bahkan terus mengulanginya meski kamu sudah bilang keberatan), ini tanda kamu sudah dilecehkan secara emosional.

Mencoba mengisolasi.

 Apakah pasangan mencoba menjauhkan kamu dari keluarga, sahabat, teman, dan kenalan? Jika iya, itu adalah cara pasangan untuk membuat kamu lebih bergantung padanya dan bisa berbuat sesukanya karena tidak akan ada yang menolong kamu.

Terus-menerus mengkritik. 

Bisa secara halus atau terang-terangan, tetapi kritik yang diberikan berfungsi untuk menjatuhkan dan mengikis harga diri kamu. 

Ada perbedaan antara kritik membangun dengan kritik yang membunuh karakter, yang lama-kelamaan membuat kamu tidak percaya diri.

Sering berteriak

Apalagi jika disertai dengan umpatan atau panggilan yang merendahkan, pasangan yang terus-menerus meluapkan kemarahan dengan meninggikan suaranya atau berteriak kepada kamu adalah tindakan kasar. 

Membuat ancaman

Misalnya mengancam untuk putus, menceraikan, berhenti mencintai, atau apa pun yang dapat membuat kamu takut atau cemas adalah bentuk manipulasi, yang akan membuat kamu merasa tertekan dan akhirnya melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak ingin dilakukan.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...