Tanda-tanda Kamu Mengalami Kekerasan dalam Berhubungan
Sumber foto:ShutterStock

Tanda-tanda Kamu Mengalami Kekerasan dalam Berhubungan

Kamis, 13 Agt 2020 | 19:34 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com -  Jika berbicara mengenai kekerasan tidak hanay seputar seksual, ada kekerasan emosional yang sering terjadi di dalam sebuah hubungan percintaan. Tujuan pelaku kekerasan emosional  adalah untuk mempengaruhi dan mengendalikan emosi dan perilaku korbannya.

Penyalahgunaan terselubung disamarkan dengan tindakan yang tampak normal, tetapi jelas-jelas berbahaya bagi orang lain.  Jika kamu mengalami tanda-tanda ini, kemungkinan kamu mengalami kekerasan emosional.

Mengabaikanmu

Dia sering mengabaikanmu. Terlebih jika kamu mengajukan pertanyaan atau bahkan hanya bercerita tentang apa saja yang kamu lakukan hari ini, ia tak akan menjadi pendengar yang baik. Alih-alih kamu berharap dia akan terbuka denganmu, dia justru menolak kontak mata denganmu.

Selalu bertentangan dengan kamu

Jika dia menolak dengan pikiran dan presepsi yang kamu utarakan tentunya membuat kamu sedih.  Hal ini juga termasuk kedalam kekerasan emosional dalam berhubungan.

Meremehkanmu

Pelecehan verbal sering kali disamakan dengan lelucon. Pelaku menggoda, menertawakan, dan mempermalukan kamu dengan komentar sarkastik tentang penampilan, kepribadian, dan kemampuan kamu. Dia mengolok-olok kamu di depan orang lain, meskipun dia sebenarnya tahu kamu menghindari pertengkaran di publik.

Selalu menuduh kamu

Jika pasanganmu selalu mengalihkan tanggung jawab dan menekanmu setiap kali ada masalah dalam hubungan kalian. “Itu kan salahmu” atau “Salah sendiri, kamu enggak ingetin aku.” Kalimat dan sifat yang dia lontarkan tentunya akan membuat kamu kepikiran dan semakin galau.

Mengalihkan pembicaraan

Jika pasanganmu sering mengarahkan pembicaraan dengan menolak berdiskusi suatu masalah atau dia sering memotong pembicaraan. Tetapi dia tetap saja mengkritikmu, ketika kamu membela diri kamu bagaikan angin lalu baginya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...