Tanda-tanda Orang Cerdas yang Jarang Terlihat
ilustrasi

Tanda-tanda Orang Cerdas yang Jarang Terlihat

Sabtu, 8 Jun 2019 | 12:12 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Sering kali Anda menganggap remeh diri sendiri, dengan berpendapat bahwa Anda jauh dari definisi cerdas. Padahal, mungkin saja Anda memiliki tanda-tanda orang cerdas namun Anda tidak menyadarinya. Hal ini disebabkan banyak tanda orang cerdas yang masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Simak tanda-tanda orang cerdas yang mungkin Anda miliki dalam diri Anda berikut ini.

Beragam tanda orang cerdas

1. Menerima kenyataan bahwa banyak yang tidak anda ketahui

Pasti tidak sedikit dari Anda yang merasa bahwa berpura-pura mengetahui segalanya dapat membuat Anda terlihat pintar. Padahal, justru dengan menerima kenyataan bahwa Anda tidak lebih banyak tahu dibandingkan orang lain justru menjadi tanda orang cerdas yang sesungguhnya. Artinya, Anda tahu bahwa akan selalu ada hal yang bisa Anda pelajari.

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Personality and Social Psychology menunjukkan bahwa saat mengerjakan satu ujian yang sama, orang yang merasa akan mendapatkan nilai bagus justru mendapatkan nilai jauh di bawah perkiraan mereka. Sementara orang yang merasa tidak akan mendapatkan nilai yang bagus untuk ujian tersebut, mendapatkan nilai yang jauh lebih bagus.

Jadi, jangan pernah takut untuk mengakui saat Anda tidak mengetahui sesuatu, karena dengan begitu Anda akan mendapat ilmu baru untuk dipelajari.

2. Terus merasa penasaran

Jika menyadari bahwa Anda tidak banyak tahu adalah tanda orang cerdas, maka keinginan untuk terus belajar adalah pertanda lainnya. Kedua hal yang saling berkaitan tersebut menjadi ciri utama orang cerdas, karena saat menyadari tidak mengetahui suatu hal, Anda akan penasaran dengan hal tersebut, lalu berusaha mencari tahu tentangnya.

Orang cerdas cenderung memiliki rasa penasaran yang terus ada setiap harinya. Bahkan, rasa penasaran yang dirasakan bisa datang dari hal-hal kecil yang terjadi di sekitar, hingga rasa penasaran terhadap hal-hal yang bersifat filosofis seperti memahami tujuan dan arti hidup dan adanya alam semesta.

3. Dapat menebak apa yang hendak dikatakan orang lain

Memahami apa yang akan dikatakan orang lain adalah tanda bahwa Anda cerdas secara emosional. Empati terhadap apa yang dirasakan oleh orang lain menandakan bahwa Anda tidak hanya melihat dunia dari perspektif milik Anda sendiri, namun juga dari sudut pandang orang lain juga.

Dapat memahami perasaan orang lain menjadi tanda orang cerdas karena dengan begitu Anda cenderung lebih terbuka dengan kesempatan untuk bertemu orang baru dan mendapatkan pengalaman baru. Kedua hal itu memiliki efek positif terhadap kecerdasan yang Anda miliki.

4. Memiliki kontrol diri yang baik

Orang cerdas cenderung memiliki kontrol diri yang baik sehingga bisa terhindar dari kemungkinan membuat keputusan yang tergesa-gesa. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog dari Yale dan berbagai universitas lain yang dimuat di Psychological Science menunjukkan bahwa kontrol diri yang baik berkaitan erat dengan kecerdasan.

Pada penelitian tersebut, partisipan diberi tes kecerdasan serta diberikan dua pilihan; diberi bayaran lebih cepat, atau diberi bayaran lebih lama dengan uang yang lebih besar. Orang yang memilih untuk dibayar dalam jangka waktu lebih lama dengan uang yang lebih besar cenderung memiliki nilai tes yang lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Oleh sebab itu, jika Anda lebih suka mempertimbangkan segala untung-rugi dari segala pilihan yang Anda miliki dibanding memutuskan segalanya dengan terburu-buru, berarti Anda memiliki tanda orang cerdas.

5. Berpikiran terbuka

Artinya, Anda tidak hanya berpatok pada satu sudut pandang saat dihadapkan pada sebuah situasi, namun Anda cenderung melihatnya dari berbagai sudut pandang terlebih dahulu sebelum menentukan penilaian pribadi Anda terhadap situasi tersebut.

Anda terbuka dengan berbagai pemikiran yang dimiliki oleh orang lain saat berdiskusi, termasuk ide dan konsep baru yang sebelumnya tidak Anda ketahui. Dengan terbuka terhadap hal-hal tersebut, Anda selalu bisa mendapatkan pelajaran baru dari berdiskusi dengan orang lain.

Hal itu tidak berarti Anda tak berpendirian, namun penilaian yang Anda miliki justru lebih kuat dan kokoh karena sudah lebih dulu mempertimbangkannya dari berbagai sudut , sehingga pemikiran Anda tidak mudah dimanipulasi oleh orang lain.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...