Tanggapan AP II soal Penumpang Lion Air Lolos Pemeriksaan

Tanggapan AP II soal Penumpang Lion Air Lolos Pemeriksaan

WinNetNews.com - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menginformasikan telah terjadi kesalahan prosedur penanganan kedatangan penumpang rute internasional pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT 161 rute Singapura-Jakarta di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) beberapa waktu lalu.

Hal ini mengakibatkan penumpang asing beserta barang bawaan lolos dari pemeriksaan.

Head of Corporate & Legal Angkasa Pura II, Agus Haryadi menceritakan bagaimana kesalahan prosedur penanganan itu. Kata Agus, €Žseharusnya ketika penumpang turun dari pesawat langsung diantar atau diarahkan menuju kedatangan internasional di Terminal 2, tapi penumpang justru digiring ke terminal lain.

 

"Terjadi miskomunikasi antara pengemudi bus ground handling maskapai sehingga penumpang justru diantar ke kedatangan domestik di Terminal 1," ujar Agus dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (15/5/2016).

Lanjutnya, petugas Aviation Security (Avsec)Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang mengetahui kesalahan prosedur ini lalu mengambil tindakan untuk mengarahkan penumpang ke jalur yang benar yakni kembali ke bus untuk menuju kedatangan internasional Terminal 2 supaya penumpang melalui proses imigrasi.

Dengan demikian, dampak buruk yang mungkin timbul dapat dihilangkan seiring dengan respons cepat Avsec dalam menangani situasi tersebut.

"Selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kami akan berkoordinasi dengan Kantor Otoritas Bandara Wilayah I terkait dengan peristiwa ini," ujar Agus.

Sumber dari Liputan6, Jakarta

Foto: Liputan6