Tanggapi Blusukan Jokowi, Refly Harun: Dia Itu Wali Kota Masuk Istana
Presiden Jokowi blusukan ke daerah Sunter, Jakarta Utara

Tanggapi Blusukan Jokowi, Refly Harun: Dia Itu Wali Kota Masuk Istana

Senin, 19 Jul 2021 | 10:55 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Ahli hukum dan tata negara, Refly Harun berkomentar soal aksi blusukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membagikan bat dan sembako  ke warga di kawasan Sunter Jakarta Utara baru-baru ini.

Ia menilai aksi blusukan tersebut tidak mencerminkaan sikap pemimpin bangsa. Sebab, menurutnya sudah ada wali kota yang menjalankan aksi tersebut.

“Sebenarnya kelas Jokowi itu adalah wali kota, tapi wali kota yang masuk ke Istana,” ujar Refly Harun, dikutip dari Pikiran-rakyat.com, Sabtu 17 Juli 2021.

“Kenapa begitu? Karena perilakunya masih seperti seorang wali kota. Kalau kita bicara unit-unit pemerintahan, maka kita bisa mengatakan, ya blusukan itu cocok kalau dia wali kota. Karena tentu dia blusukan di satu area di pemerintahannya,” sambungnya.

Refly mengatakan, bahkan di level gubernur saja tak pantas menjalankan tugas itu. Pasalnya, jika dilakukan di tingkat gubernur akan bertabrakan dengan  kepala daerah lainnya, seperti wali kota dan bupati, kecuali jika gubernurnya adalah gubernur DKI Jakarta.

“Gubernur, tergantung, kalau Gubernur DKI yang blusukan mungkin bisa karena satu daerah itu adalah wilayah pemerintahannya,” jelasnya.

“Tapi kalau gubernur provinsi lain, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur misalnya, kalau blusukan pasti akan berimpit dengan kepala daerah lainnya,” tambahnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...